Biarkan Tuhan Mengendalikan Hidup Anda

| Selasa, Agustus 04, 2020 |

Roma 6: 12-13 "Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya. Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran."

Setiap hari Anda dikendalikan oleh sesuatu. Anda mungkin dikendalikan oleh ego Anda atau oleh harapan orang lain. Anda mungkin dikendalikan oleh rasa takut, rasa bersalah, dendam, atau kepahitan. Anda mungkin dikendalikan oleh zat adiktif atau kebiasaan. Anda dikendalikan oleh sesuatu setiap hari.

Kebebasan datang ketika Anda memilih apa yang akan mengendalikan Anda. Jika Tuhan bukan yang nomor satu dalam hidup Anda, melainkan yang lain, maka itu akan mengendalikan Anda ke arah negatif. Ketika Kristus mengendalikan hidup Anda, Ia selalu menggerakkan Anda ke arah yang tepat.

Roma 6: 12-13 mengatakan, "Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya. Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran."

Apa saja langkah-langkah untuk membiarkan Kristus memegang kendali atas hidup Anda?
- Akui bahwa selama ini Anda mencoba menjadi Tuhan atas diri Anda.
- Akui bahwa Anda tidak dapat berubah sendiri.
- Dengan rendah hati minta Tuhan mengubahkan Anda.
- Jujurlah dengan orang lain akan hal-hal yang perlu diubah dalam hidup Anda.
- Serahkan kepemilikan total atas hidup Anda kepada Yesus Kristus

Apakah Anda benar-benar ingin berubah? Anda mungkin berkata, "Saya sangat lelah mencoba dan gagal terus." Berhenti mencoba. Sebaliknya, mulailah percaya. Tuhan memberi Anda pilihan untuk bergantung kepada-Nya atau bergantung pada diri Anda sendiri. Hasil dari pilihan Anda ialah kemerdekaan, atau frustrasi.

Renungkan hal ini:
- Sifat atau keadaan apa yang memengaruhi kesediaan Anda untuk memberikan kendali atas hidup Anda kepada Tuhan?
- Bagaimana selama ini Anda mencoba menjadi Tuhan?
- Menurut Anda apa artinya berserah sepenuhnya kepada Tuhan?


Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 66-67; Roma 7


Mengapa tidak menyerahkan segalanya kepada Kristus? Apa yang harus Anda lepaskan?
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top