Cara Lepas Dari Hutang

| Sabtu, Januari 25, 2020 |

Amsal 3:27 "Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya."

Tuhan telah menjelaskan dengan jelas dalam Alkitab bagaimana perasaan-Nya tentang hutang: "Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya" (Amsal 3:27). Roma 13: 8a mengatakan, "Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapapun juga." Tuhan menyatakan hikmat yang sama seperti intuisi yang kebanyakan dari kita punya: Hutang bukanlah hal yang baik.

Ketika kita melihat keuangan kita sekarang, sebagian besar dari kita akan memilih untuk langsung membayar tunai jika seandainya kita punya uang untuk melunasinya. Tuhan pun ingin Anda melunasi hutang Anda agar Ia dapat memberkati keuangan Anda. Supaya bisa keluar dari lilitan hutang, Anda harus berkomitmen untuk melunasinya, dan kemudian membuat langkah bagaimana melaksanakannya.

Pertama, Anda harus berkomitmen untuk melakukannya. Jika hanya dipikirkan, Anda tak bisa keluar dari lilitan hutang. Sebab itu, Anda harus berbalik arah dan mulai mendaki kembali ke puncak. Itu keputusan yang sulit serta komitmen terhadap waktu dan disiplin yang diperlukan untuk lepas dari hutang.

Kita gampang merasa sendirian dalam pendakian puncak ini. Tapi Tuhan tahu persis di mana Anda berada! Dari dulu, Dia sudah tahu bahwa ini akan terjadi. Dia ingin membantu Anda dengan masalah Anda, ingin menguatkan Anda dengan masalah Anda, dan ingin membuat Anda tumbuh di tengah-tengah persoalan Anda. Dia bersama Anda dalam tantangan ini. Anda tidak sendiri.

Pertama, buatlah komitmen, lalu buatlah rencana untuk melakukannya.

Dalam membuat perencanaan melibatkan kata yang dibenci kebanyakan orang: disiplin. Disiplin artinya tidak melakukan ini, tidak membeli itu, memutuskan untuk melakukan ini, memutuskan untuk tidak melakukan itu. Alkitab mengatakan dalam Amsal 21: 5, "Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan."

Jika Anda sedang terlilit hutang, jangan abaikan peringatan Alkitab ini: Berhati-hatilah dengan jalan pintas. Sebab ketika Anda terjerat hutang, Anda merasa sakit dan ingin keluar dari rasa sakit itu secepat mungkin. Anda menjadi sangat rentan terhadap godaan ini.

Jangan mengambil jalan pintas. Ikuti cara Tuhan. Buat komitmen untuk melaksanakan rencana Anda dan ambil keputusan bahwa Anda akan melakukan apa pun itu untuk mencapai tujuan Anda.

Bayangkan bagaimana kondisi finansial Anda saat ini jika saja Anda mengambil langkah-langkah agar terbebas dari hutang. Kemudian ambillah keputusan untuk menjalankan langkah-langkah tersebut setiap hari dengan mengandalkan hikmat dan kuasa Tuhan untuk menjalankannya.

Renungkan hal ini:
- Jika seandainya saat ini Anda tidak memiliki hutang, apa yang akan jadi berbeda dengan hidup Anda?
- Bayangkan di mana Anda ingin berada setahun ini jika menyangkut soal keuangan Anda. Apa yang harus Anda lakukan setiap hari untuk mencapai tujuan tersebut?
- Mengapa sebagian besar orang benci dengan gagasan 'disiplin' secara finansial?


Bacaan Alkitab Setahun :
Keluaran 12-13; Matius 16


Memiliki rencana sangatlah penting. Lepas dari hutang adalah tugas selangkah demi selangkah, hari demi hari.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top