Apa Artinya Mengasihi Buat Kita ?

| Minggu, Februari 23, 2020 |

1 Korintus 13: 6-8 "Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap."

Salah satu pahlawan saya adalah Dr. E.V. Hill, pendeta di Mount Zion Missionary Baptist Church, Los Angeles. Dia seorang pelayan Tuhan yang luar biasa dan juga seorang jenius. Ia pria yang berintegritas yang tidak takut untuk menyuarakan kebenaran. Karena seringkali dalam pelayanannya ia dengan vokal berbicara tentang ketidakadilan di pusat kota L.A., ia pun secara konstan menerima ancaman kematian.

Oleh karena sesuatu yang diucapkannya di Minggu pagi, dia menerima sebuah ancaman bahwa minggu depan ia akan dibom, dan dia menanggapi itu dengan sangat serius. Satu hari di minggu itu, dia pulang dan melihat mobilnya tidak ada di sana. Dia segera berpikir seseorang pasti telah mencurinya atau telah mengutak-atik dan memasang bom di dalamnya. Dia duduk di tangga depan rumahnya, sangat khawatir. Sekitar 30 menit kemudian, istrinya, yang juga sadar benar dengan ancaman itu, datang dengan mengendarai mobil tersebut.

"Apa yang kamu lakukan?" teriaknya. Jawab istrinya, "Jika dipikir-pikir, masyarakat lebih membutuhkanmu daripadaku. Jika mereka hendak memasang bom di mobil ini, aku harap aku yang berada di dalamnya, bukan engkau." Hill kemudian berkata, "Dari dulu saya tahu istri saya selalu mencintai saya. Tapi akhirnya saya mengerti apa itu cinta."

Dr. Hill dan istrinya tahu bahwa kasih bukanlah sesuatu yang Anda rasakan. Kasih bukanlah sesuatu yang Anda ucapkan. Kasih adalah sesuatu yang Anda lakukan.

Perhatikan semua langkah tindakan kasih dalam Alkitab hari ini. Kasih itu bersukacita, melindungi, percaya, penuh harap, dan gigih. Itu semua hal-hal yang memerlukan tindakan. Kasih bukan hanya sekedar dibicarakan atau hanya di bibir saja. Itu berarti membuat pilihan setiap harinya untuk melakukan hal yang sama sebagaimana Tuhan mengasihi kita.

Renungkan hal ini:
- Siapa saja dalam hidup Anda yang paling mudah Anda kasihi? Siapa saja yang paling sulit Anda kasihi?
- Apa satu cara supaya Anda bisa lebih mencintai Yesus?
- Sulit untuk "selalu" melakukan tindakan kasih, karena kita juga berbuat dosa. Menurut Anda mengapa Alkitab menggambarkan kasih sebagai "selalu" melakukan tindakan yang tercantum dalam 1 Korintus 13: 6-8?


Bacaan Alkitab Setahun :
Bilangan 7-8; Markus 4:21-41


Anda tak perlu bertanya-tanya apa definisi mengasihi. Allah telah menunjukkannya kepada kita dengan jelas apa yang dilakukan oleh kasih, dan Dia juga telah memberi kita teladan kasih terbesar ketika Dia mengutus Yesus untuk kita.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top