Anda Dimerdekakan Untuk Menjadi Diri Sendiri

| Senin, Maret 09, 2020 |

Efesus 2:10 "Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya."

Pikirkan tentang tipikal minggu Anda. Berapa kali Anda terjerat dalam tekanan oleh karena orang lain — oleh gaya hidup mereka, kebutuhan mereka, hal-hal yang mereka lakukan, atau ekspektasi mereka atas Anda?

Jika saat ini Anda merasa tertekan, ini berita bagus buat Anda: Tuhan dapat membebaskan Anda dari ekspektasi-ekspektasi itu.

Adalah normal apabila Anda merasa tertekan untuk memenuhi harapan orang lain. Pernahkah Anda bertanya pada diri sendiri, "Apa yang akan dipikirkan orang lain jika saya melakukan ini?" Pasti Anda pernah. Kita semua pernah. Namun itu bukan jalan hidup yang tepat buat kita ikuti.

Yesus datang untuk memerdekakan kita dari ekspektasi orang lain. Efesus 2:10 mengatakan, "Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya." Perhatikan ayat ini dengan cermat. Pertama, dikatakan bahwa Anda adalah mahakarya Allah. Dia menciptakan Anda unik. Tidak ada orang lain di dunia ini yang seperti Anda. Dan Dia tidak ingin Anda mencoba menjadi orang lain.

Bagian kedua dari ayat ini mengatakan bahwa Allah menjadikan Anda ciptaan baru di dalam Yesus agar Anda dapat melakukan apa yang telah Ia rancangkan buat Anda. Hidup untuk Kristus membuat hidup Anda sederhana. Ketika Anda hidup sebagai mahakarya Allah, maka Anda hanya perlu melakukan apa yang Dia kehendaki. Anda bisa menghempaskan semua ekspektasi orang lain.

Hidup untuk menyenangkan Tuhan mungkin kelihatan sangat sulit, namun itu tidak sesulit yang Anda kira. Ketika Tuhan menjadikan Anda ciptaan baru di dalam Kristus, maka Ia mengubah kehendak dan keinginan Anda. Hal-hal yang dulu menggoda Anda justru akan kehilangan daya tariknya. Yesus memerdekakan Anda untuk Anda bisa menjadi diri sendiri.

Sekarang Anda bisa berkata, "Satu tujuan saya adalah untuk melayani Allah." Dan jika saat ini Anda sudah menjalankannya, maka Anda akan menjadi orang tua yang lebih baik, mitra pernikahan yang lebih baik, teman yang lebih baik, dan kolega yang lebih baik.

Jika Anda menyenangkan Allah, maka Anda selalu melakukan hal yang benar — dan itu membuat hidup Anda jadi lebih sederhana.

Bacaaan Hari ini:
- Ekspektasi siapa yang sedang Anda jalani hari ini? Dalam hal apa saja Anda merasakan tekanan? Catatlah dan minta Tuhan membebaskan Anda dari ekspektasi yang tidak sesuai dengan kehendak-Nya.
- Apa tujuan terbesar Anda dalam hidup? Bagaimana hal itu selaras dengan tujuan Anda melayani Allah?
- Ketika Anda memikirkan tentang diri sendiri, apakah Anda memikrkan Anda sebagai karya agung yang diciptakan Allah? Karunia apa yang diberikan Allah secara unik kepada Anda?



Bacaan Alkitab Setahun :
Ulangan 8-10; Markus 11:19-33


Hidup untuk memenuhi ekspektasi orang lain ialah jalan yang pasti akan membuat diri Anda terbelenggu. Anda tak bisa menyenangkan semua orang.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top