| Rabu, April 15, 2020 |


Yakobus 1:21 "Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu."

Di Amerika, Anda bisa menemukan Alkitab di mana pun, di toko kelontong hingga di kamar motel, dalam segala bentuk, ukuran, corak, dan terjemahan. Anda bisa mendengar dan membaca ayat-ayat Alkitab di radio, TV, buku, atau majalah. Meskipun Alkitab ada di mana-mana, tetapi masih banyak orang yang melewatkan berkat dari Alkitab.

Mengapa? Karena berkat dari Alkitab tidaklah otomatis. Yakobus 1:21 mengatakan bahwa untuk terberkati oleh Firman Tuhan, Anda harus "terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu." Kata "terimalah" dalam ayat ini berasal dari istilah Yunani yang berarti "menyambut." Jika Anda ingin terberkati oleh Firman Tuhan, maka pertama-tama Anda harus menyambut Firman itu masuk ke dalam hidup Anda.

Yakobus mengatakan Anda harus menyambut Firman Tuhan dengan empat sikap spesifik:

Pertama, berhati-hatilah. Dia berkata, "Setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata," (Yakobus 1:19). Tuhan memberi kita dua telinga dan satu mulut; artinya kita harus mendengarkan dua kali lebih banyak dibanding berbicara. Cepat mendengar dan lambat berbicara mengajarkan Anda sikap hati-hati untuk siap menerima Firman Tuhan.

Kedua, tenanglah. Bagian selanjutnya dari Yakobus 1:19 mengatakan, "Dan juga lambat untuk marah;" Ketika Anda marah, tidak banyak yang bisa Anda dengar. Namun sikap yang tenang meningkatkan kemampuan untuk menerima dan mencerna apa yang Anda dengar. Ketika Anda hendak membaca Alkitab— baik itu di gereja atau dalam saat teduh harian Anda — luangkan waktu untuk mempersiapkan dan menjadikan hati Anda tenang, supaya Anda mampu mendengarkan Allah ketika Dia bersabda.

Ketiga, jadilah kudus. Yakobus memberi tahu kita, "Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu" (Yakobus 1:21). Kata "kotor" di sini sebenarnya merupakan kata Yunani yang berarti "kotoran telinga." Ketika Anda memiliki dosa dalam hidup Anda, itu menghalangi pendengaran Anda untuk menerima Firman Tuhan.

Bagaimana caranya membersihkan kotoran itu? Dengan pengakuan dosa. "Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan" (1 Yohanes 1: 9).

Keempat, tunduklah. Yakobus berkata Anda harus "terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu" (Yakobus 1:21). Jadilah orang yang mau diajar dan berserah kepada Tuhan. Jika Anda datang membaca Alkitab dengan sikap sok tahu, Firman-Nya tidak akan menyentuh Anda. Datanglah kepada Firman Tuhan dengan keinginan untuk diubahkan.

Apakah Anda siap menyambut berkat dari Firman Tuhan dalam hidup Anda? Datanglah dengan sikap berhati-hati, tenang, kudus, dan tunduk. Itu akan mempersiapkan hati Anda untuk menerima Firman Tuhan dan menyambut berkat yang dijanjikan.

Renungkan hal ini:
- Kapan Anda pernah mengalami berkat dari Firman Tuhan? Pada saat itu, pola pikir dan sikap seperti apa yang Anda miliki yang membuat Anda menerima berkat-berkat itu?
- Dalam kehidupan sehari-hari, di mana biasanya Anda bisa menemukan Alkitab? Aplikasi di smartphone Anda? Alkitab di rak buku Anda? Mendengarkan podcast selama perjalanan pulang Anda? Bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk menyambut Firman Tuhan dalam saat pribadi Anda dengan Tuhan hari ini?
- Ketika Anda datang kepada Firman Tuhan, Anda harus bersikap berhati-hati, tenang, kudus, dan tunduk. Manakah dari sikap itu yang paling sulit buat Anda? Pilihlah untuk fokus pada sikap tersebut minggu ini.


Bacaan Alkitab Setahun :
1 Samuel 27-29; Lukas 13:1-22


Sejauh apa penghargaan kita terhadap Firman Tuhan yang adalah perkataaanNya sendiri untuk kita?
Sejauh mana kita menghargai FirmanNya, sejauh itulah berkatNya dapat kita rasakan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top