Kerendahan Hati adalah Pilihan

| Minggu, Mei 31, 2020 |

1 Petrus 5: 6 "Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya."

Saat kita sukses, kita cenderung membanggakan diri sendiri dan melupakan Tuhan. Kesuksesan kita akan hancur ketika kita melakukannya. Apabila Anda sering mendapati diri Anda berada dalam situasi tersebut, maka langkah pertama yang harus Anda ambil sangatlah penting.

Alkitab berkata, "Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan. Jika tidak demikian, Aku akan datang kepadamu dan Aku akan mengambil kaki dianmu dari tempatnya, jikalau engkau tidak bertobat" (Wahyu 2: 5).

Jika Anda menjadi sombong, Anda harus bertobat. Dengan kata lain, Anda perlu mengubah pemikiran Anda. Yang tadinya Anda hanya berpikir satu arah yaitu memikirkan diri Anda sendiri, berubah memikirkan orang lain dan Tuhan.

Mengapa harus bertobat? Sebab kerendahan hati adalah sebuah pilihan. Kita tak pernah diajarkan dalam Alkitab untuk berdoa supaya Tuhan membuat kita rendah hati. Tetapi menjadi rendah hati adalah sesuatu yang kita pilih buat diri kita sendiri.

Alkitab berkata, "Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya" (1 Petrus 5: 6).

Berikut ini perbedaan antara kesombongan diri dengan kerendahan hati: Kesombongan diri adalah ketika Anda menerima pujian atas hal-hal yang Tuhan dan yang orang lain lakukan lewat Anda dan untuk Anda. Kerendahan hati bukan berarti Anda kurang memikirkan diri sendiri, melainkan, lebih memikirkan orang lain serta Tuhan.

Jika Anda pernah mengalami beberapa kesuksesan dalam hidup Anda dan mulai menjadi sombong, bertobatlah — hari ini juga! Ubah perspektif Anda tentang siapa Anda dan dari mana kesuksesan Anda berasal.

Alkitab berkata, "Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan" (Matius 23:12).

Renungkan hal ini:
- Apa bedanya jika kita memilih untuk menjadi rendah hati di dalam perkara-perkara yang kecil yang tampaknya tidak penting, dengan menjadi rendah hati di dalam perkara-perkara yang besar?
- Dalam area apa dalam hidup Anda yang tampaknya mudah buat Anda untuk menyombongkan diri? Menurut Anda mengapa demikian?
- Apakah Anda perlu bertobat dari kesombongan hidup Anda? Sediakan waktu untuk melakukannya sekarang.



Bacaan Alkitab Setahun :
2 Tawarikh 13-14; Yohanes 12:1-26


Ketika Anda sukses, Anda akan jauh lebih mudah terjatuh ketimbang mempertahankan kesuksesan Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top