Mencari Kebenaran? Carilah di dalam Alkitab

| Rabu, Mei 13, 2020 |

2 Timotius 3: 16-17 "Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik."

Alkitab berisikan banyak sekali kebenaran. Dan bagaimana Anda mempelajari Alkitab, akan menentukan seberapa banyak kebenaran yang Anda dapatkan.

Jika Anda hendak mengenal Alkitab sebagai seseorang yang skeptis, curiga, maka Alkitab hanya sebagai buku yang tertutup buat Anda. Tetapi jika Anda mengenal Alkitab dengan rasa hormat dan kerendahan hati, maka Anda akan menganggapnya bagaikan bunga yang sedang mekar.

Pelajari Alkitab dengan hati yang terbuka dan siap menerima pengajaran dari Allah. Apabila Anda melakukannya, Anda akan dapat mengerti dasar kebenaran yang telah Dia tempatkan ke dalam Firman-Nya.

"Dan karena itulah kami tidak putus-putusnya mengucap syukur juga kepada Allah, sebab kamu telah menerima firman Allah yang kami beritakan itu, bukan sebagai perkataan manusia, tetapi--dan memang sungguh-sungguh demikian--sebagai firman Allah, yang bekerja juga di dalam kamu yang percaya" (1 Tesalonika 2:13).

Perhatikan dalam ayat ini dinyatakan bahwa Alkitab adalah Firman Allah. Itulah yang menjadikannya berbeda dari buku-buku lainnya. Mengapa? Sebab melalui doa, Anda dapat berbicara dengan Sang Penulis dan bertanya kepada-Nya setiap kali Anda membacanya.

Kita punya banyak buku di rumah. Dan semuanya adalah buku yang bagus. Tetapi hanya satu buku yang berisikan Firman Allah.

Dua Timotius 3: 16-17 mengatakan, "Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik."

Apa artinya Alkitab diilhamkan oleh Allah? Allah memakai manusia untuk menuliskan kata-kata ke dalam Alkitab, tetapi itu semua datangnya langsung dari Dia. Itulah yang membedakan Alkitab dari buku-buku lain.

Ayat-ayat tersebut mengatakan bahwa Firman Allah memberikan empat manfaat. Itu mengajarkan Anda tentang kebenaran, menyatakan kesalahan Anda, memperbaiki kelakuan Anda dan mendidik Anda untuk hidup di jalan Tuhan. Dengan kata lain, Firman Allah menunjukkan kepada Anda jalan yang harus dilalui. Dan ketika Anda salah jalan, itu juga menunjukkan bagaimana caranya kembali, dan bagaimana caranya agar tetap berada di jalan-Nya.

Alkitab juga mengingatkan bahwa Firman Allah kekal selamanya: "Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu" (Matius 24:35).

Renungkan hal ini:
- Bagaimana cara Anda mengenal Alkitab menentukan apa yang Anda dapatkan dari sana? Cobalah ingat dari pengalaman hidup Anda.
- Apa yang membedakan Alkitab dari buku-buku lain?
- Kapan Alkitab pernah menunjukkan kepada Anda cara untuk kembali ke jalan yang benar, saat Anda berjalan di jalan yang salah?


Bacaan Alkitab Setahun :
2 Raja-raja15-16; Yohanes 3:1-18


Ketika Anda dihadapkan pada pertanyaan-pertanyaan apa yang benar dan apa yang tepat dalam hidup Anda, bukalah Alkitab dan nantikanlah pertemuan dengan Allah di sana. Anda akan mendapati bahwa Alkitab tidak akan ada bandingannya seperti buku-buku lainnya.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top