Cara Menerapkan Alkitab ke dalam Kehidupan Anda

| Rabu, Mei 13, 2020 |

Yakobus 1:22 "Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri."

Tahukah Anda apa bagian tersulit dari belajar Alkitab? Penerapan pribadi.

Apa yang dimaksud dengan penerapan? Itu ketika Anda membawa kebenaran Tuhan dan melakukannya dalam hidup Anda.

Setan tidak peduli jika Anda mempelajari Alkitab — asalkan Anda tidak menerapkannya dalam hidup Anda.

Namun Yesus mengajarkan yang sebaliknya: "Jikalau kamu tahu semua ini, maka berbahagialah kamu, jika kamu melakukannya" (Yohanes 13:17).

Alkitab memberi tahu kita dalam Yakobus 1:22: "Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri."

Lalu bagaimana Anda dapat menjadi pelaku Firman? Bagaimana Anda bisa belajar melaksanakannya ke dalam hidup Anda? Ketika saya menerapkan Firman Tuhan ke dalam hidup saya, saya menuliskan ciri-cirinya. Saya punya empat karakteristik penerapan Firman.

Pertama, itu harus bersifat pribadi. Artinya itu tentang Anda— bukan tentang pasangan, anak-anak, tetangga, atau rekan kerja Anda. Hidup Anda adalah satu-satunya yang bisa Anda ubah. Maka, pengaplikasian Anda harus dimulai dengan kata "Aku," bukan "kami" atau "Anda."

Kedua, itu harus bersifat praktis. Penerapan Firman harus menjadi sesuatu yang benar-benar dapat Anda lakukan. Mungkin itu bisa berupa proyek transformasi besar, atau bisa juga satu langkah iman yang sederhana.

Ketiga, itu harus mungkin dilakukan. Jika Anda memilih penerapan Firman yang sebenarnya tidak mampu Anda laksanakan, maka Anda akan patah semangat. Misalnya, Anda mungkin berkata, "Saya akan membaca Alkitab dari awal sampai akhir setiap hari." Itu sangat tidak mungkin. Sebaliknya, pilihlah sesuatu yang mungkin Anda lakukan, seperti membaca satu pasal Alkitab setiap hari.

Keempat, itu harus bisa dibuktikan. Artinya itu butuh tenggat waktu. Filipi 2:14 misalnya: "Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan." Anda bisa menuliskan gol Anda seperti ini: "Tuhan, bantulah aku untuk tidak mengeluh di tempat kerja. Aku akan tetap bertanggung jawab dengan apa pun yang saya kerjakan dengan meminta bantuan seorang teman untuk memeriksa apakah saya telah melaksanakannya atau belum."

Jadi, di lain waktu ketika Anda membaca satu pasal Alkitab, jangan puas hanya dengan mempelajari bagian tersebut. Sebaliknya, terapkanlah itu dengan menjadikannya bersifat pribadi, praktis, memungkinkan, dan dapat dibuktikan. Kemudian, Anda akan mulai mengalami berkat yang dijanjikan Allah kepada orang-orang yang melakukan Firman-Nya.

Renungkan hal ini:
- Menurut Anda mengapa Setan ingin Anda tidak melakukan Firman Tuhan dalam hidup Anda? Mengapa Tuhan ingin Anda melakukannya?
- Bagaimana selama ini Anda melihat berkat-berkat Tuhan dalam hidup Anda sebagai hasil dari penerapan Firman-Nya dalam hidup Anda?
- Pilih satu pasal Alkitab dan terapkanlah di minggu ini dengan menjadikannya sebagai sesuatu yang pribadi, praktis, memungkinkan, dan dapat dibuktikan.


Bacaan Alkitab Setahun :
2 Raja-raja 17-18; Yohanes 3:19-36


Mengetahui Firman Tuhan saja tidak cukup. Anda mengalami berkat Tuhan ketika Anda melakukan apa yang Firman Tuhan katakan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top