Pemandu Pribadi Kehidupan Anda

| Kamis, Mei 14, 2020 |

Yohanes 14: 16-17 "Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu."

Saya dan istri saya, Kay, pernah berkunjung ke Irlandia. Kami menyewa mobil dan berkendara ke seluruh penjuru negeri. Di satu titik, kami akhirnya menyewa seorang pemandu wisata. Orang itu berbagi pengetahuan dan pengalaman yang mungkin kami lewatkan apabila kami berkeliling sendirian. Mungkin kami akan mengunjungi restoran yang salah dan melihat hal-hal yang salah. Tetapi karena kami punya pemandu wisata pribadi, kami mendapatkan pengalaman yang terbaik.

Dalam beberapa hal, kehidupan Anda sama seperti perjalanan itu. Anda punya pilihan untuk bepergian seorang diri atau memiliki pemandu pribadi.

Saya punya kabar baik buat Anda. Tuhan telah menyediakan buat Anda sebuah buku pedoman (Alkitab) dan pemandu pribadi (Roh Kudus) untuk menjalani kehidupan.

Pernahkah Anda merenungkan mengapa Yesus kembali ke surga setelah kebangkitan-Nya, ketimbang tinggal di bumi saja? Dia bisa saja tetap menjadi teladan dalam rupa manusia yang terus membimbing kita. Namun Dia memberitahu pengikut-Nya bahwa lebih baik jika Dia pergi.

Dia berkata: "Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu" (Yohanes 16: 7).

"Penghibur" memiliki banyak nama di dalam Alkitab, seperti "Roh Kudus," "Penasihat," dan "Pembela."

Tetapi bagaimana dengan memiliki Penghibur ini, lebih baik daripada memiliki Yesus di dunia dalam rupa manusia?

Dalam Yohanes 14, Yesus menjelaskan: "Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu" (Yohanes 14: 16-17).

Ketika secara fisik Yesus berada di bumi, Ia terbatas hanya tinggal di satu tempat — yaitu di mana tubuh fisiknya berada pada saat itu. Namun Roh Kudus bisa berada di mana pun. Dia tinggal di dalam hati semua pengikut-Nya, membantu kita semua pada saat bersamaan.

Salah satu hal terpenting yang bisa Anda pelajari dalam hidup ialah bagaimana dipimpin oleh Roh Kudus.

Roma 8:14 mengatakan, "Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah." Jika Anda adalah anak Allah, maka Roh Kudus akan membimbing dan memimpin Anda.

Ketika Anda memulai kehidupan Kristiani, Anda mungkin tidak pandai dipimpin oleh Roh Kudus. Anda tidak mengenal suara-Nya. Namun seiring dengan pertumbuhan hubungan Anda dengan Allah, Anda akan mulai mengenali suara-Nya dan tahu ke mana Dia memimpin Anda.

Ketika Anda menjalani hidup, janganlah melakukannya sendiri. Pastikan Anda menjadikan Roh Kudus sebagai penuntun Anda. Kenali suara-Nya, dan ikuti kemana Dia menuntun Anda.

Renungkan hal ini:
- Ingatlah satu saat ketika Anda bepergian ke suatu tempat yang baru. Bagaimana dengan memiliki (atau tidak memiliki) buku pedoman atau pemandu pribadi membuat satu perbedaan?
- Bagaimana Anda mengenali suara Roh Kudus?
- Kapan Anda pernah mengalami Alkitab berfungsi sebagai buku panduan untuk hidup Anda? Kapan Anda pernah mengalami Roh Kudus sebagai pemandu Anda?



Bacaan Alkitab Setahun :
2 Raja-raja 19-21; Yohanes 4:1-30


Dengarkan suara Pemandu Anda, jangan keraskan hati Anda untuk tidak mau lagi belanja dipandu oleh Roh Kudus
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top