Menyerahkan Apa yang Tidak Dapat Anda Kendalikan

| Minggu, Juni 28, 2020 |

Yakobus 2:22 "Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna."

Jika Anda ingin melewati krisis, seperti pandemi Covid 19 sekarang ini, dengan kesehatan mental yang utuh, maka Anda perlu belajar untuk menyerahkan yang tidak bisa Anda kendalikan dalam hidup dan memercayakannya kepada Tuhan.

Tuhan itu bekerja dalam kesehatan mental, spiritual, dan emosional Anda. Dia ingin Anda membuat pilihan-pilihan yang bijak lewat pedoman Alkitab dan melalui doa.

Kemudian, ketika Anda mendapati ada sesuatu yang di luar kendali Anda, Anda bisa menyerahkannya kepada Tuhan dan percaya Dia akan bekerja membantu menyelesaikannya.

Ada satu contoh Alkitabiah yang bagus tentang hal ini, yaitu dari Abraham: "Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna" (Yakobus 2:22). Kita sangat mudah berpikir secara ekstrim. Misalnya, Anda bisa berkata semuanya terserah Tuhan dan Anda menjadi pasif, tidak mau melakukan apa pun. Di sisi lain, Anda bertindak seolah-olah Tuhan tidak berperan apa-apa dalam hidup Anda dan menganggap semuanya terserah pada Anda.

Kedua pemikiran ekstrim ini salah. Menjaga kesehatan fisik yang baik adalah soal keseimbangan, begitu pun dengan kesehatan emosional Anda. Temukan keseimbangan untuk membantu Anda mengenali apa yang ada dalam kendali Anda, dan kemudian buatlah keputusan bijak yang berdasarkan pada bimbingan Allah ketika Anda membaca Firman-Nya dan berbicara dengan-Nya di dalam doa. Dan, belajarlah untuk melepaskan hal-hal yang hanya bisa dikendalikan oleh Tuhan.

Dalam film, The Lord of the Rings, ada saat di mana Frodo mengeluh tentang segala kejahatan dan penderitaan di dunia ini. Dia berkata kepada Gandalf, "Seandainya saja semua ini tidak terjadi."

Anda mungkin pernah mengatakan hal yang sama di masa-masa sulit seperti saat ini.

Gandalf dengan bijak menanggapi Frodo dan berkata, "Begitu pun semua orang yang akan mengalami masa-masa sulit ini; tapi mereka tidak punya kuasa untuk memilih keadaan. Yang hanya bisa kita putuskan ialah apa yang akan kita lakukan dengan waktu yang diberikan pada kita saat ini."

Yang harus Anda lakukan saat ini ialah memutuskan apa yang harus Anda lakukan dengan waktu yang dianugerahkan kepada Anda.

Ada banyak hal dalam hidup yang tidak bisa Anda kendalikan. Anda tidak dapat mengendalikan pandemi ini atau bagaimana pemerintah dan orang lain menanganinya.

Renungkan hal ini:
- Apa saja hal-hal yang di luar kendali Anda yang membuat Anda stres karena selama ini Anda mencoba mengendalikannya?
- Menurut Anda mengapa Tuhan memberi Anda kemampuan untuk membuat keputusan dan mengendalikan beberapa aspek kehidupan Anda?


Bacaan Alkitab Setahun :
Ayub 11-13; Kisah Para Rasul 9:1-21


Anda tidak bisa mengendalikan keadaan, tetapi Anda dapat memilih bagaimana Anda akan meresponnya— dan itulah yang akan membuat perbedaan. Tuhan selalu ada untuk membantu Anda untuk membuat pilihan itu.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top