Bagaimana Doa Bekerja?

| Jumat, Juli 17, 2020 |

1 Yohanes 5: 14-15 "Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya. Dan jikalau kita tahu, bahwa Ia mengabulkan apa saja yang kita minta, maka kita juga tahu, bahwa kita telah memperoleh segala sesuatu yang telah kita minta kepada-Nya."


Pernahkah Anda bertanya-tanya apakah doa Anda benar-benar bekerja? Mungkin Setan pernah berbisik kepada Anda, "Berdoa itu hanya buang-buang waktu. Lupakan saja! Kau pikir kau siapa? Memangnya apa yang sedang kau lakukan? Tuhan tidak akan mendengarkan."

Tapi ini kebenarannya: Doa bekerja, karena Tuhan pegang kendali.

Bahkan, dasar dari semua mujizat ialah kedaulatan Allah. Apa artinya? Itu berarti Dia adalah Allah yang Mahakuasa yang berkuasa atas surga dan bumi, sehingga rancangan dan kehendak-Nya menang. Itulah sebabnya kita belajar untuk memercayai hikmat dan kebaikan-Nya. Itulah sebabnya kita belajar tentang sifat dasar-Nya yang penuh kasih dan karakter-Nya yang murah hati.

Dan kita menjadi dewasa di dalam iman ketika kita memahami bahwa Allah memiliki pandangan yang lebih baik tentang keadaan kita ketimbang kita, dan bahwa Dia tahu apa yang terbaik untuk kita. Dia bisa melihat masa depan kita, sementara kita tidak bisa. Alkitab berkata, "Tetapi rencana TUHAN tetap selama-lamanya, rancangan hati-Nya turun-temurun" (Mazmur 33:11)

Kekayaan Allah yang tak terbatas disediakan untuk Anda. Dua puluh kali dalam Perjanjian Baru dikatakan, "Mintalah." Bukankah melegakan ketika mengetahui bahwa hal-hal di luar kendali kita berada di dalam kendali Allah?

Anda mungkin berpikir, "Lalu jika saya bisa berdoa dan meminta Tuhan untuk mengubah banyak hal, dan jika Tuhan benar-benar memegang kendali atas segala-galanya, tapi mengapa saya tidak mendapatkan semua yang saya doakan?" Berikut ini tiga alasannya:

Tuhan itu bukan jin.
Hanya karena kita berdoa, itu bukan berarti kita mendapatkan apa pun yang kita inginkan. Jika setiap doa dijawab, kita akan jadi anak-anak manja. Jika Anda seorang Ayah atau Ibu, apakah Anda memberi anak Anda segala yang mereka minta? Mungkin tidak. Sebagai orang dewasa, Anda tahu apa yang terbaik untuk mereka. Anda bisa melihat gambaran yang lebih besar ketimbang mereka. Apabila kita dapat melihat gambaran yang lebih besar untuk anak-anak kita, seberapa besar gambaran yang dilihat Allah atas hidup kita?

Kadang orang Kristen berdoa secara bertentangan.
Terkadang orang Kristen berdoa meminta hasil yang berbeda meskipun mereka mendoakan hal yang sama. Doa mana yang akan dijawab Allah? Allah tidak bisa menjawab setiap doa dengan cara yang sama pada waktu bersamaan.

Tuhan tahu apa yang terbaik, dan kita tidak.
Alkitab berkata, "Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya. Dan jikalau kita tahu, bahwa Ia mengabulkan apa saja yang kita minta, maka kita juga tahu, bahwa kita telah memperoleh segala sesuatu yang telah kita minta kepada-Nya" (1 Yohanes 5: 14-15).

Begitulah cara Yesus berdoa: "Ya Bapa-Ku, jikalau Engkau mau, ambillah cawan ini dari pada-Ku; tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi" (Lukas 22:42).

Doa itu bekerja. Berdoa tidak membuang-buang waktu Anda. Allah memegang kendali, dan Dia ingin mendengarkan doa-doa Anda – Dia sedang mendengarkan!

Renungkan hal ini:
- Apa artinya meminta sesuai dengan kehendak Allah, seperti yang dikatakan dalam 1 Yohanes 5: 14-15?
- Bagaimana Allah pernah menunjukkan kepada Anda bahwa Ia mendengarkan dan bahwa doa itu bekerja?
- Bagaimana doa Anda berubah dengan mengetahui bahwa Allah mendengarkan dan bahwa Ia akan menjawabnya?



Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 18-19; Kisah Para Rasul 20:17-38


Anda memang tidak dapat mengubah situasi, tetapi Anda dapat berdoa dan Tuhan dapat mengubahnya.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top