Mengapa Anda Memerlukan Bantuan dalam Mengatasi Godaan

| Kamis, Juli 16, 2020 |

Pengkhotbah 4: 9-10 "Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka. Karena kalau mereka jatuh, yang seorang mengangkat temannya, tetapi wai orang yang jatuh, yang tidak mempunyai orang lain untuk mengangkatnya!"

Apakah ada godaan yang membuat Anda tersandung berulang-ulang kali? Mungkin itu berhubungan dengan kecemburuan, kekhawatiran, nafsu, gosip, kerakusan, atau penggunaan berlebihan barang elektronik dan media sosial. Apa pun itu, Anda tak akan menang melawan godaan yang kerap datang jika Anda mencoba mengatasinya sendiri.

Siapa yang saat ini membantu Anda melawan godaan? Selama pandemi ini Anda mungkin menghabiskan lebih banyak waktu sendirian. Lalu, siapa yang dapat membantu Anda menghadapi godaan itu? Siapa yang telah Anda undang untuk membantu Anda bertumbuh secara rohani? Siapa yang Anda izinkan mengajukan pertanyaan-pertanyaan sulit kepada Anda? Siapa yang akan Anda bantu?

Alkitab berkata, "Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka. Karena kalau mereka jatuh, yang seorang mengangkat temannya, tetapi wai orang yang jatuh, yang tidak mempunyai orang lain untuk mengangkatnya!" (Pengkhotbah 4: 9-10).

Anda tak perlu memberi tahu semua orang tentang godaan yang Anda hadapi, tetapi Anda perlu memberi tahu seseorang. Sebab orang itu dapat mendukung Anda dan membantu Anda mengatasi pergumulan Anda.

Ketika seseorang berkata, "Saya belum pernah mengatakan ini kepada siapa pun sebelumnya…" segeralah dengarkan dan perhatikan mereka, sebab ia mungkin sedang mengambil langkah pertama menuju kebebasan. Ingatlah ini: Mengungkapkan perasaan Anda ialah awal dari penyembuhan. Membicarakan godaan-godaan yang sedang Anda hadapi ialah cara untuk melawannya.

Serapa serius Anda dengan perubahan? Tidakkah Anda ingin keluar dari pandemi ini dengan iman yang lebih kuat, menang darinngodaan yang terus muncul? Mengapa tidak menghubungi seorang teman yang bisa membantu Anda melaluinya bersama-sama. Anda dapat terhubung dengan mereka melalui SMS, pesan langsung, panggilan video, atau bahkan cara kuno namun efektif, melalui telepon.

Renungkan hal ini
- Sifat-sifat apa yang Anda cari dalam diri seorang teman yang bisa Anda percaya untuk berbagi tentang pergumulan Anda? Mintalah supaya Tuhan mengembangkan sifat-sifat yang sama di dalam diri Anda ketika Anda menjadi teman itu untuk orang lain.
- Apa cita-cita spiritual Anda selama masa social distancing ini?
- Bagaimana Anda membantu seseorang mengatasi godaan tidak kunjung pergi? Pernahkah Anda bersedia membiarkan seseorang melakukan hal yang sama buat hidup Anda?



Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 16-17; Kisah Para Rasul 20:1-16


Ada beberapa kebiasaan buruk dalam hidup Anda yang tidak akan bisa Anda tinggalkan sampai Anda mendapatkan dukungan dari seorang teman yang berkomitmen membantu Anda. Temukan orang itu dan sebaliknya, jadilah orang tersebut buat orang lain.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top