Daripada Menolak Godaan, Fokuslah Kembali

| Rabu, Juli 15, 2020 |

2 Korintus 10: 5 "Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus,"

Alasan mengapa kita mudah dikalahkan oleh godaan ialah karena kita mencoba melawannya, alih-alih kembali untuk fokus. Apa yang Anda tolak, akan terus ada.

"Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan! (Roma 12:21). Apabila pikiran Anda dipenuhi dengan pikiran-pikiran yang baik, maka tidak ada ruang bagi orang-orang yang mungkin menggoda Anda untuk berbuat dosa.

Selama masa pandemi, Anda lebih banyak tinggal di rumah, dan kemungkinan besar Anda akan mengalami godaan yang terus muncul. Apa pun itu, Anda akan patah semangat jika terus mencoba melawannya, terutama bila Anda terus-menerus menyerah.

Kuncinya adalah kembali fokuskan perhatian Anda pada hal lain. Contohnya seperti ini— jika Anda tergoda ketika nonton TV, jangan terus berkata pada diri sendiri, "Saya tidak akan menonton ini." Sebaliknya, ambil remote Anda dan ganti saluran TV.

Godaan selalu dimulai dari pikiran. Jika Setan tidak bisa menarik perhatian Anda, Anda tidak akan tergoda. Pengiklan menggunakan taktik yang sama. Mereka mendapatkan perhatian Anda dan kemudian melibatkan emosi Anda. Intinya, Anda beralih dari perhatian kepada emosi kepada tindakan.

Pernahkah Anda mengalami ini: Seseorang bertanya pada Anda, "Apa kau lapar?" Dan meski Anda tak lapar, Anda mulai merasa lapar. Atau, mereka bertanya, "Apa kau lelah?" Dan Anda menjawab, "Kau tahu, itu sama sekali tidak terpikirkan oleh saya, tapi karena sekarang kau membahasnya, saya jadi merasa sedikikit lelah."

Apa pun yang menarik perhatian Anda, itu akan menjerat Anda.

Itulah sebabnya, ketika Anda tergoda, Anda perlu mengubah fokus Anda. Filipi 4: 8 mengatakan, "Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu."

Semakin Anda melawan pikiran atau perasaan yang menggoda Anda, semakin hal tersebut mengendalikan Anda. Jadi, jangan melawannya! Fokuslah kembali dan ganti pikiran Anda dengan hal-hal yang baik dan buat Anda lebih seperti Yesus.

Renungkan hal ini:
- Bagaimana Anda tergoda ketika di rumah selama pandemi? Apa cara untuk bisa fokus kembali dari godaan ini?
- Bagaimana dengan menghafal Alkitab dapat membantu Anda untuk memfokuskan kembali pikiran Anda ketika Anda merasa tergoda?
- Berdasarkan Filipi 4: 8 dikatakan hal-hal apa saja yang dikatakan Alkitab harus mendapatkan fokus perhatian Anda.



Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 13-15; Kisah Para Rasul 19:21-40


Semakin Anda memikirkan sesuatu, semakin Anda tertarik akan hal itu. Maka, apabila Anda ingin mengalahkan godaan, jangan melawannya. Ubah fokus Anda!
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top