Firman Tuhan adalah Anugerah

| Kamis, Juli 02, 2020 |

Yakobus 1: 17-18 "Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran. Atas kehendak-Nya sendiri Ia telah menjadikan kita oleh firman kebenaran, supaya kita pada tingkat yang tertentu menjadi anak sulung di antara semua ciptaan-Nya."

Jika Anda hendak melabuhkan jiwa Anda pada sesuatu yang tak akan pernah berubah, maka Anda harus memperlakukan Firman Tuhan sebagai sebuah anugerah. Alkitab berkata, "Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran. Atas kehendak-Nya sendiri Ia telah menjadikan kita oleh firman kebenaran, supaya kita pada tingkat yang tertentu menjadi anak sulung di antara semua ciptaan-Nya" (Yakobus 1: 17-18).

Yakobus mengatakan lima hal penting tentang Firman Tuhan dalam bagian ini.

1. Firman Tuhan itu baik.
Firman Tuhan adalah untuk kebaikan Anda. Jika Anda tidak membaca Alkitab, maka Anda sedang melewatkan segala janji, petunjuk, dan manfaat yang ingin Allah berikan kepada Anda.

2. Firman Tuhan itu sempurna.
Firman Tuhan adalah "anugerah yang sempurna." Jika itu sempurna, maka itu mutlak. Tidak ada kesalahan di dalamnya. Anda dapat mengandalkannya. Dan, jika itu sempurna, itulah yang sebenar-benarnya Anda butuhkan.

3. Firman Tuhan itu benar.
Dikatakan bahwa Alkitab adalah "Firman-Nya yang sejati." Setiap bagian dalam Alkitab akan selalu memberitahu Anda hal yang benar untuk dilakukan. Itu tidak akan pernah menuntun Anda ke arah yang salah. Itu selalu benar. Kebenaran-Nya akan memerdekakan Anda!

4. Firman Tuhan tidak akan berubah.
Alkitab mengatakan bahwa Allah tidak akan pernah berubah, begitu pula dengan Firman-Nya. Hadiah-hadiah yang Anda dapatkan dalam hidup akan usang – mereka akan memudar, berkarat, dan rusak. Anda tidak bisa selalu bergantung pada itu semua, tetapi sebaliknya, Anda dapat selalu bergantung pada Firman Tuhan.

5. Firman Tuhan memberi hidup.
Yakobus berkata, "Allah memilih untuk memberikan kita kehidupan dengan memberi kita Firman-Nya." Anda diciptakan menurut gambar Allah, yang berarti Anda memiliki kemampuan untuk mengasihi Allah dan dikasihi oleh-Nya. Allah menciptakan Anda dan memberikan Anda Firman-Nya supaya Anda dapat mengenal Dia. Inilah satu-satunya jalan menuju kehidupan yang sejati.

"Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci" (Roma 15: 4). Segala sesuatu dalam Alkitab ditulis untuk memberikan Anda harapan, bahkan bagian-bagian yang mungkin tidak Anda mengerti.

Satu hal yang mungkin paling Anda butuhkan saat ini adalah dorongan- itu ada di dalam kitab ini.

Bacaan Hari ini:
- Apakah Anda kesulitan untuk percaya bahwa Alkitab dianugerahkan untuk kebaikan Anda? Apa yang bisa Anda lakukan untuk memperdalam pemahaman Anda tentang bagaimana Firman Tuhan berperan dalam hidup Anda?
- Bagaimana Anda memperlakukan Firman Tuhan sebagai sebuah anugerah? Apakah itu sudah menjadi prioritas dalam hidup Anda?
- Bagaimana Anda dapat menguatkan seseorang dengan Firman Tuhan hari ini?


Bacaan Alkitab Setahun :
Ayub 22-24; Kisah Para Rasul 11


Pernahkah Anda merasa berkecil hati? Ada harapan besar, dan itu ada di ujung jari Anda. Buka saja Alkitab Anda!
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top