Sebelum Anda Membuka Firman Tuhan, Percayalah

| Jumat, Juli 03, 2020 |

Yakobus 1:21 "Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu."

Mungkin Anda tidak selalu mengerti apa yang dikatakan Alkitab. Tetapi untuk melabuhkan hidup Anda di atas fondasi kuat Firman Allah, Anda harus dengan rendah hati menerima apa pun yang Allah katakan kepada Anda.

Dalam ayat kita hari ini, kata "terima" berasal dari kata Yunani dechomai. Itu adalah istilah perhotelan yang artinya menerima dan menyambut orang asing. Anda harus menerima Firman Tuhan sepenuhnya dalam hidup Anda. Itu berarti bahkan sebelum Anda membuka Alkitab, Anda memberi tahu Allah bahwa Anda akan menerima apa pun yang hendak Dia katakan kepada Anda. Anda sepakat terlebih dahulu untuk mempercayai Firman-Nya, baik Anda memahaminya atau tidak.

Lihatlah bagian pertama dari bacaan kita hari ini. Untuk dapat menerima Firman Tuhan, pertama-tama Anda harus menyelesaikan hal-hal kotor dalam hidup Anda. Bersihkanlah! Nah, tapi itu bukan berarti Anda perlu membersihkan hidup Anda sebelum Anda datang kepada Tuhan; sebaliknya, itu menjelaskan bahwa dosa dapat menghalangi telinga Anda untuk mendengar Tuhan. Anda tidak dapat mendengar Dia ketika ada hal lain yang mengisi pikiran dan hati Anda. Anda harus memberi ruang untuk kebenaran Firman.

Dalam Alkitab, seringkali Allah memberi perumpamaan mengenai cara kita menerima Firman-Nya dengan berkebun. Dia ingin kita menerima benih yang Dia tanam di hati dan pikiran kita. Namun, sebelum masa penyemaian dan pemupukkan tiba, dilakukan penyiangan lahan. Sama halnya, sebelum bertemu Allah, Anda harus membuang sampah emosional dan spiritual dalam hidup Anda. Anda bisa melakukan itu dengan mengakui dan berbalik dari dosa-dosa Anda. Akuilah kepada Allah apa yang telah Anda lakukan yang bertentangan dengan Firman-Nya.

Kemudian, melalui penerimaan dan pengakuan, Tuhan dapat menghasilkan buah ketaatan dalam hidup Anda.

Renungkan hal ini:
- Apa artinya menerima Firman Tuhan dengan rendah hati? Mengapa kerendahan hati itu penting?
- Mengapa dosa menjauhkan kita dari persekutuan dengan Allah? Bagaimana Anda merasakan dampak dari dosa yang tidak Anda akui kepada Allah mengenai hubungan Anda dengan Dia?
- Apa yang Tuhan ingin Anda lakukan dengan bagian-bagian Alkitab yang tidak Anda mengerti?


Bacaan Alkitab Setahun :
Ayub 25-27; Kisah Para Rasul 12


Percaya dan menerapkan kebenaran Firman Tuhan akan mengubah Anda dan membuat Anda semakin serupa dengan Yesus.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top