Iman yang Sejati Mengubah Kehidupan

| Rabu, Juli 01, 2020 |

Yakobus 2:18 "Tetapi mungkin ada orang berkata: "Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan", aku akan menjawab dia: "Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku."

Beberapa orang berpikir iman hanyalah sebuah obrolan. Iman adalah ide untuk didiskusikan atau ilmu agama untuk diperdebatkan.

Tetapi iman jauh lebih dari itu. Yakobus mengajarkan kepada kita bahwa iman yang sejati mengubah banyak kehidupan.

Yakobus 2:18 mengatakan, "Tetapi mungkin ada orang berkata: "Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan", aku akan menjawab dia: "Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku." Di sini, Yakobus sedang menggambarkan seseorang yang berpikir bahwa iman itu terpisahkan dari perbuatan -- menunjukkan bagaimana Firman Tuhan dengan perbuatan baik itu tidak ada kaitannya.

Namun, Yakobus juga mengatakan ia tidak dapat melihat iman Anda apabila Anda tidak menunjukkannya melalui perbuatan baik Anda.

Hidupnya telah diubahkan oleh imannya, maka dari itulah Yakobus berkata ia dapat membuktikan imannya dengan menunjukkannya dari cara ia melayani Tuhan dan cara ia melayani orang lain.

Satu cara untuk menjelaskan konsep ini yaitu tindakan kasih. Kasih tidak bisa terlihat apabila Anda tidak mempraktikkannya. Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah seseorang memiliki iman yang nyata ialah dengan melihat bagaimana mereka menjalani kehidupan mereka.

Pada dasarnya Yakobus berkata, "Jika Anda mengaku sebagai seorang Kristen, maka saya punya hak untuk meminta Anda untuk membuktikannya melalui tindakan Anda."

2 Korintus 5:17 mengatakan, "Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang."

Renungkan hal ini:
- Bagaimana iman Anda kepada Allah mengubah Anda saat ini?
- Ketika Yakobus berbicara soal iman, ia berkata, "Tunjukkan kepadaku." Bagaimana Anda menunjukkan iman Anda kepada orang lain?

Yakobus tidak mengatakan kita diselamatkan oleh perbuatan baik kita. Alkitab dengan jelas mengatakan bahwa kita diselamatkan oleh iman kita kepada Yesus, tidak lebih dan tidak kurang. Alkitab berkata, "Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri" (Efesus 2: 8-9).

Tetapi, melalui iman kita, Allah mengubah kita agar sikap dan perbuatan kita menjadi sebuah kesaksian atas iman percaya kita kepada-Nya. Efesus 2:10 mengatakan, "Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya."


Bacaan Alkitab Setahun :
Ayub 20-21; Kisah Para Rasul 10:24-48


Tidak mungkin Allah yang berkuasa atas segala hal datang ke dalam hidup Anda tanpa mengubah Anda secara nyata.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top