Ketika Anda Menciptakan Berhala, Anda akan Berakhir Seperti Itu

| Minggu, Agustus 23, 2020 |

Mazmur 115: 8 "Seperti itulah jadinya orang-orang yang membuatnya, dan semua orang yang percaya kepadanya."

Bahkan hal-hal baik sekali pun— seperti pernikahan kita, keluarga kita, hobi kita, orang yang kita kagumi, atau bahkan pelayanan kita di gereja — bisa menjadi suatu berhala apabila kita lebih fokus padanya ketimbang fokus pada hubungan kita dengan Tuhan.

Setiap kali Anda berpikir bahwa pemenuhan hidup itu berasal dari orang-orang yang ada di hidup Anda atau dari profesi Anda, artinya Anda sedang menyiapkan diri Anda untuk mengalami kekecewaan yang mendalam. Barang-barang tidak akan bisa memberi makna dalam hidup kita; hanya Pencipta kitalah yang bisa melakukannya.

Alkitab berkata, "Orang yang sibuk dengan abu belaka, disesatkan oleh hatinya yang tertipu; ia tidak dapat menyelamatkan jiwanya atau mengatakan: "Bukankah dusta yang menjadi peganganku?" (Yesaya 44:20).

Kita ingin hidup dalam realita kehidupan menurut Tuhan, bukan dalam kebohongan yang diciptakan oleh tangan kita sendiri. Setelah berhala kita mengecewakan kita, mereka tidak akan hanya berhenti begitu saja, pada akhirnya, mereka semua akan mengendalikan kita.

Sebaliknya, jika Anda mengagungkan Yesus di atas segalanya, Anda akan menjadi serupa seperti Dia.

Lalu jika memprioritaskan yang lain dalam hidup kita menjadikan kita anak-anak yang tak taat, lalu mengapa kita melakukannya?

Karena kita ingin tuhan yang bisa kita kendalikan. Kita ingin bisa mengaturnya. Tapi, apa untungnya mengikuti tuhan yang bisa Anda kendalikan dan bisa Anda pimpin? Itu sama sekali bukan tuhan namanya.

Anda tidak boleh mengikut tuhan yang semacam itu. Tetapkanlah hati untuk menyerahkan diri Anda kepada Tuhan yang Mahatahu dan yang Mahakuasa yang dapat membawa Anda ke tempat yang jauh melampaui imajinasi Anda. Itulah realita yang tidak akan mengecewakan Anda.

Renungkan hal ini:
- Bagaimana selama ini Anda melihat orang lain menciptakan berhala mereka sendiri, di mana pada akhirnya mengontrol hidup mereka?
- Bagaimana bisa, bahkan hal-hal yang sehat sekali pun dapat menjadi berhala dalam hidup kita?
- Apakah ada sesuatu dalam hidup Anda yang saat ini paling beresiko menjadi berhala buat Anda? Bila demikian, bagaimana Anda dapat melepaskan kontrol Anda, sehingga hal tersebut tidak terjadi?



Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 109-111; 1 Korintus 5


Kesombongan dan keegoisan Anda lah yang membuat Anda memberhalakan sesuatu.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top