Cara Anda Menghadapi Kegelapan

| Sabtu, September 12, 2020 |

Yesaya 45: 3 "Aku akan memberikan kepadamu harta benda yang terpendam dan harta kekayaan yang tersembunyi, supaya engkau tahu, bahwa Akulah TUHAN, Allah Israel, yang memanggil engkau dengan namamu."

Kita semua ingin dikenal, dan salah satu cara perdana diri kita dikenal ialah dengan nama kita. Tuhan berkata, "Aku akan memberikan kepadamu harta benda yang terpendam dan harta kekayaan yang tersembunyi, supaya engkau tahu, bahwa Akulah TUHAN, Allah Israel, yang memanggil engkau dengan namamu" (Yesaya 45: 3). Tuhan mengenal pribadi lepas pribadi, dan Dia memanggil Anda dengan nama Anda.

Tidak ada hal yang sifatnya lebih intim selain dikenal sepenuhnya— semua keanehan dan kekurangan Anda, hal-hal yang membuat Anda tertawa dan menangis, ketakutan Anda, harapan Anda, dan impian Anda. Tidak ada seorang pun yang mengenal Anda sepenuhnya di bumi ini, kecuali Tuhan. Dialah satu-satunya yang melihat setiap lapisan kepribadian Anda hingga ke lapisan terdalam diri Anda.

Tuhan yang memanggil Anda dengan nama menyembunyikan harta kekayaan di dalam penderitaan dan kegelapan Anda. Dia dapat turut campur tangan dalam kegelapan Anda, dan Dia akan menyertai Anda di dalam kegelapan itu. Kebenaran ini seharusnya membuat Anda memuliakan Dia. Apa yang kita ketahui tentang Tuhan seharusnya menggerakkan kita untuk memuji dan menyembah-Nya.

Ketika Ayub kehilangan semua yang berarti buatnya, dia memuliakan Tuhan buat apa yang dia tahu adalah benar tentang Tuhan: "Maka berdirilah Ayub, lalu mengoyak jubahnya, dan mencukur kepalanya, kemudian sujudlah ia dan menyembah, katanya: "Dengan telanjang aku keluar dari kandungan ibuku, dengan telanjang juga aku akan kembali ke dalamnya. TUHAN yang memberi, TUHAN yang mengambil, terpujilah nama TUHAN!" (Ayub 1: 20-21). Bahkan saat Ayub kehilangan segalanya, apa yang dia tahu tentang Tuhan membuat dia jatuh tersungkur dan berseru, "Tuhan, aku tidak tahu apa yang sedang terjadi, tetapi yang aku pegang adalah Engkaulah yang memberi dan Engkau juga yang mengambil. Terpujilah nama-Mu."

Ibadah itu sendiri merupakan harta tersembunyi di dalam kegelapan. Bahkan di tengah kesakitan, ketahuilah bahwa Dia adalah Tuhan yang baik dan penuh kasih. Dia tahu nama Anda, Dia mengenal Anda secara pribadi dan memperhatikan setiap detail hidup Anda. Dia memegang kendali. Dan Dia punya rencana terbaik buat hidup Anda.

Anda harus terbuka terhadap kemungkinan bahwa Tuhan memiliki emas dan berlian yang tersembunyi di tempat-tempat rahasia, dan harus siap untuk menerima harta itu saat Dia menunjukkannya kepada Anda. Entah Dia ikut campur tangan atau tidak, percayalah bahwa Dialah Tuhan yang intim dan mengenal pribadi yang akan selalu dekat dengan Anda saat Anda berjalan melewati kegelapan.

Beginilah cara Anda menghadapi kegelapan dan menemukan harapan.

Renungkan hal ini:
- Apa yang telah Tuhan bolehkan untuk diambil dari Anda? Bagaimana respons Anda?
- Apakah Anda melihat kesempatan untuk menyembah Tuhan sebagai harta kekayaan yang tersembunyi? Mengapa atau mengapa tidak?
- Apa kebenaran lain tentang Tuhan yang membuat Anda menyembah-Nya, bahkan di tengah penderitaan?



Bacaan Alkitab Setahun :
Amsal 14-15; II Korintus 6

Tidak ada yang tersembunyi di mata Tuhan. Dia adalah pribadi yang paling mengenal siapa Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top