Harta di dalam Kegelapan

| Sabtu, September 12, 2020 |

Yesaya 45: 3 "Aku akan memberikan kepadamu harta benda yang terpendam dan harta kekayaan yang tersembunyi, supaya engkau tahu, bahwa Akulah TUHAN, Allah Israel, yang memanggil engkau dengan namamu."

Dalam Yesaya 45, Allah menjanjikan pembebasan bagi bangsa Israel dari masa pembuangan di Babel serta keselamatan bagi umat-Nya yang tidak patuh itu, melalui seorang raja Persia bernama Koresh. Dia berkata kepada Koresh, "Aku akan memberikan kepadamu harta benda yang terpendam dan harta kekayaan yang tersembunyi, supaya engkau tahu, bahwa Akulah TUHAN, Allah Israel, yang memanggil engkau dengan namamu" (Yesaya 45: 3).

Selama masa penaklukkannya, Raja Koresh secara harfiah menemukan harta karun terpendam yang dulu dikuburkan oleh orang-orang Yahudi sewaktu masa perbudakan. Seperti Raja Koresh, yang menemukan harta yang tersembunyi di tengah kegelapan, Anda pun dapat menemukan harta karun — pengharapan di tempat-tempat gelap yang tak terduga, di tempat-tempat yang menyakitkan yang sangat Anda benci. Tuhan memberi Anda harta ini oleh karena dua alasan:

Pertama, Tuhan melakukannya supaya Anda tahu bahwa Dia punya kuasa untuk campur tangan dalam kegelapan Anda. Dalam ayat ini, Allah menyatakan dirinya sebagai Tuhan, Tuhan Israel. Berulang kali dalam Alkitab, Dia menyatakan diri-Nya sebagai Pencipta, Penopang, Tuan, Raja, dan Penyelamat. Ia transenden, yang berarti Ia berada di luar waktu, ruang, dan materi, dan keberadaan-Nya tidak bergantung pada apa pun. Cara-Nya lebih tinggi dari cara Anda, dan pemikiran-Nya lebih tinggi daripada pemikiran Anda.

"Besarlah Tuhan kita dan berlimpah kekuatan, kebijaksanaan-Nya tak terhingga" (Mazmur 147: 5). Tuhan itu sangat besar dan berkuasa, dan Dia dapat turut campur tangan di dalam kegelapan Anda dengan cara yang hanya dapat dilakukan oleh Tuhan. Anda dapat menceritakan kisah-kisah luar biasa tentang cara-cara Tuhan ikut campur tangan di dalam keuangan Anda, kesehatan Anda, keluarga Anda, atau karier Anda, tepat ketika Anda mengira tidak ada harapan pemulihan atau keselamatan. Dia menyatakan diri-Nya saat Dia berpindah masuk ke dalam kegelapan Anda dan mengubah segalanya.

Setiap hari kita meminta mujizat, sebab kita tahu bahwa Dia adalah Tuhan dan kita bukan. Kadang Tuhan turut campur tangan di dalam cara yang kita mohonkan. Tapi di kesempatan lain, Dia tidak melakukannya. Dia mungkin tidak ikut campur dalam kegelapan yang mengelilingi Anda atau keluarga Anda dengan cara-cara yang Anda inginkan.

Ayat ini mengungkapkan bahwa Tuhan dekat dengan Anda di masa kegelapan Anda. Dia adalah Tuhan Yang Mahakuasa. Dia besar, tapi Dia juga dekat, yang artinya Dia akrab dengan kita. Dia melihat pribadi lepas pribadi. Dia adalah penolong Anda, penyembuh Anda, Juruselamat Anda, teman Anda, kekasih dari jiwa Anda yang terluka.

Dia sedekat tarikan napas Anda berikutnya.

Renungkan hal ini:
- Kapan dalam hidup Anda dimana Tuhan turut campur tangan dalam situasi yang tampaknya tanpa harapan?
- Apakah Anda meminta mujizat kepada Tuhan karena Anda telah mengenal sifat-Nya? Mengapa atau mengapa tidak?
- Bagaimana Tuhan menunjukkan kepada Anda bahwa Dia dekat ketika Anda berjalan menghadapi masa yang gelap dalam hidup Anda?


Bacaan Alkitab Setahun :
Amsal 11-13; II Korintus 5

Tuhan adalah pribadi yang dekat, Dia dekat dengan Anda meskipun di dalam kegelapan Anda sebab Ia telah berjanji seperti itu.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top