Penderitaan Anda Berbuah Emas

| Kamis, September 10, 2020 |

Ayub 23:10 "Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas."

Ketika saya menjalani pengobatan kanker payudara bertahun-tahun lalu, saya (Kay Warren) terus memikirkan Ayub 23:10 yang mengatakan, "Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas."

Saya tidak menjadikan ayat tersebut sebagai suatu jaminan kesembuhan fisik saya. Tuhan tidak berhutang apa pun kepada saya. Jika Tuhan telah menyembuhkan saya, maka itu luar biasa, namun saya tidak melihat bahwa kesembuhan dijamin dalam ayat tersebut.

Sebaliknya, yang saya lihat dalam ayat ini adalah potensi untuk menghasilkan "emas" dalam hidup saya. Jika saya melewati ujian dengan cara yang seturut dengan kehendak Tuhan, maka sesuatu yang indah akan tercipta. Saya merindukan penderitaan yang telah saya alami untuk menghasilkan sesuatu yang indah, sesuatu yang bernilai untuk selamanya, sesuatu yang semurni emas.

"Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu--yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api--sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya" (1 Petrus 1: 7).

Emas itu terbentuk lewat api kanker dalam hidup saya, dan itu terus-menerus terbentuk lewat api penderitaan dan kesedihan karena kedukaan yang menyelimuti saya oleh karena kematian putra saya, Matthew. Lewat kanker payudara, saya memperoleh kemampuan baru untuk berhubungan orang-orang yang menderita penyakit yang mengancam jiwa. Saya menatap wajah maut dan saya tidak lagi takut. Saya memperoleh apresiasi baru akan betapa singkatnya hidup ini dan semakin berkomitmen untuk menjalani setiap hari yang Tuhan anugerahkan kepada saya dengan semangat dan tujuan.

Di tengah kedukaan dan kehancuran karena kehilangan Matthew, saya meraih jalan yang lebih intim dengan Yesus karena saya telah belajar untuk percaya kepada Dia melewati tempat tergelap yang pernah saya kunjungi. Saya memiliki kerinduan yang tinggi akan surga. Kebangkitan Yesus Kristus merupakan pengharapan saya yang terdalam. Dan saya merindukan pemulihan tubuh dan pikiran yang hancur yang akan terjadi di surga. Dan melalui penderitaan saya itu, saya telah belajar bagaimana menghibur orang-orang di tengah penderitaan mereka lewat penghiburan yang telah Tuhan berikan kepada saya.

Inilah emas yang telah Tuhan hasilkan dalam hidup saya. Dia bisa melakukan hal sama dalam hidup Anda ketika Anda mengizinkan Dia untuk menggunakan rasa sakit Anda untuk kemuliaan-Nya.

Renungkan hal ini :
- Pikirkan saat-saat penderitaan dalam hidup Anda. "Emas" apa yang telah Tuhan hasilkan di dalam Anda melalui pengalaman itu?
- Apa artinya menderita dengan baik?
- Bagaimana Ayub 23:10 menantang perspektif Anda soal penderitaan?



Bacaan Alkitab Setahun :
Amsal 8-10; II Korintus 4

Jika iman Anda tetap kuat setelah ditempa oleh pencobaan yang berapi-api, itu akan mendatangkan puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari ketika Yesus Kristus dinyatakan ke seluruh dunia.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top