Penantian Membuahkan Pengharapan

| Rabu, September 09, 2020 |

Yakobus 5: 7-8 "Karena itu, saudara-saudara, bersabarlah sampai kepada kedatangan Tuhan! Sesungguhnya petani menantikan hasil yang berharga dari tanahnya dan ia sabar sampai telah turun hujan musim gugur dan hujan musim semi. Kamu juga harus bersabar dan harus meneguhkan hatimu, karena kedatangan Tuhan sudah dekat!"

Penting untuk diingat bahwa Tuhan selalu bekerja di balik layar, bahkan lewat pandemi atau setiap masalah yang Anda hadapi saat ini. Percayalah pada-Nya, dan bersabarlah.

Bagaimana cara melakukannya? Apa yang harus Anda lakukan sambil menunggu? Bagaimana harus membangun iman dengan tetap percaya pada Tuhan selama masa penundaan ini?

"Karena itu, saudara-saudara, bersabarlah sampai kepada kedatangan Tuhan! Sesungguhnya petani menantikan hasil yang berharga dari tanahnya dan ia sabar sampai telah turun hujan musim gugur dan hujan musim semi. Kamu juga harus bersabar dan harus meneguhkan hatimu, karena kedatangan Tuhan sudah dekat!" (Yakobus 5: 7-8).

Seperti para petani, Anda harus menunggu dengan penuh harap. Ketika petani menunggu, dia mempersiapkan untuk menjelang musim panen. Dia sedang bersiap-siap. Dia tidak duduk sambil berpikir, "Saya penasaran apakah ini akan tumbuh atau tidak." Dia menunggu sambil mengharapkan itu tumbuh. Ia mempersiapkan panen agar ketika waktunya datang, ia dapat menuainya.

Anda harus menunggu dengan penuh harap ketika Anda percaya kepada Tuhan untuk bertindak dan menyediakan apa yang Anda perlukan. Mazmur 130: 5 mengatakan, "Aku menanti-nantikan TUHAN, jiwaku menanti-nanti, dan aku mengharapkan firman-Nya." Janji itu ada di seluruh Alkitab, salah satunya dalam ayat seperti Yesaya 49:23: "Dan bahwa orang-orang yang menanti-nantikan Aku tidak akan mendapat malu."

Apa yang selama ini Anda tunggu untuk Tuhan lakukan? Mungkin selama ini Anda menunggu Dia untuk mentransformasi pernikahan Anda, menyelesaikan masalah keuangan, menyembuhkan luka, atau menyentuh seseorang di keluarga Anda yang tidak seiman. Apa pun yang tengah Anda tunggu buat Tuhan lakukan, apakah Anda benar-benar mengharapkan Dia untuk melakukannya?

Seringkali kita beranggapan kita sedang menunggu Tuhan, tetapi sebaliknya, sesungguhnya Tuhanlah yang sedang menunggu kita. Dia berkata, "Engkau belum siap untuk mengelola berkat yang hendak Kuberikan kepadamu. Aku ingin engkau tumbuh terlebih dulu. Jangan engkau yang menunggu-Ku. Aku yang sedang menunggumu."

Bila Anda letih dan lelah oleh karena krisis ini, Anda harus ingat untuk menantikan Tuhan. Anda harus berdiam diri, berpegang pada Firman Tuhan, dan belajar bagaimana menjadi serupa seperti Dia. Dan kemudian, lakukanlah pekerjaan yang akan mempersiapkan Anda untuk musim panen.

Renungkan hal ini:
- Apa yang selama ini Anda nantikan untuk Tuhan lakukan dalam hidup Anda? Menurut Anda, apa yang mungkin sedang Dia tunggu untuk Anda lakukan selama masa penantian?
- Bagaimana Anda mempersiapkan diri sambil menunggu Tuhan bekerja?
- Bagaimana Anda ingin bertumbuh dan menjadi dewasa karena keadaan di tengah pandemi ini? Apa upaya Anda untuk mewujudkan tujuan tersebut?


Bacaan Alkitab Setahun :
Amsal 5-7; II Korintus 3


Jika Anda tidak mempersiapkan diri di saat menunggu, sesungguhnya Anda tidak mengharapkan apa pun terjadi.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top