Setiap Orang Layak untuk Dihormati

| Minggu, September 20, 2020 |

1 Petrus 2:17 "Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja!"

Selama beberapa dekade terakhir ini, saling menghormati kian menjadi nilai yang terancam punah.

Namun, Alkitab menjelaskan bahwa keluarga yang stabil — dan masyarakat yang stabil — dibangun di atas rasa hormat. Alkitab memerintahkan kita untuk menghormati orang tua kita, menghormati hukum dan menghormati pemimpin gereja. Para istri dipanggil untuk menghormati suami mereka di Efesus. Dalam kitab 1 Petrus dikatakan para suami dipanggil untuk menghormati istri mereka. Ditegaskan sekali lagi bahwa Tuhan tidak meninggalkan siapa pun, Alkitab juga mengatakan kepada kita untuk "Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja!" (1 Petrus 2:17).

Semua orang, terlepas dari keyakinan atau perilakunya, layak untuk dihormati.

Mengapa?

1. Tuhan menciptakan semua orang. Mazmur 8: 5 mengatakan, "Namun Engkau telah membuatnya hampir sama seperti Allah, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat." Tuhan tidak menciptakan sampah. Tak ada seorang pun yang tidak berharga. Banyak orang membuat pilihan yang salah, tetapi mereka tetap berharga bagi Tuhan. Bahkan orang yang paling tidak dapat kita kasihi sekali pun di dunia ini dikasihi oleh Tuhan.

2. Yesus mati untuk semua orang. Alkitab berkata, "Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat" (1 Petrus 1: 18-19). Anda mungkin tidak terlalu menghargai orang-orang tertentu, tetapi Tuhan menghargai mereka. Bahkan, Dia mengatakan setiap orang yang Anda temui layak menerima keselamatan dari-Nya.

3. Itu menunjukkan bahwa Anda mengenal Tuhan. Alkitab memberi tahu kita bahwa Allah adalah kasih. Jika Anda mengenal Dia, maka hidup Anda harus dipenuhi oleh kasih. Alkitab berkata, "Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih" (1 Yohanes 4: 8). Kasih selalu memperlakukan orang lain dengan hormat.

4. Anda akan menerima kembali apa pun yang telah Anda berikan. Itulah hukum tabur tuai. Kebaikan akan dibalas dengan kebaikan. Karena itu, jika Anda ingin dihormati, perlakukan orang lain dengan hormat. Alkitab berkata, "Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya" (Galatia 6: 7).

Renungkan hal ini:
- Setiap orang yang Anda temui hari ini patut untuk Anda hormati. Bagaimana kebenaran ini akan mengubah perilaku Anda?
- Mengapa Anda kesulitan untuk menunjukkan rasa hormat Anda kepada beberapa individu?
- Apa saja cara Anda untuk "mengisi hidup Anda dengan kasih"?



Bacaan Alkitab Setahun :
Pengkotbah 3-4; Galatia 1


Dengan belajar mengasihi satu sama lain, kita menjadi "saling mendahului dalam memberi hormat" (Roma 12:10).
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top