Tuhan Tahu Akhir dari Cerita

| Sabtu, September 19, 2020 |

Yakobus 5:11 "Sesungguhnya kami menyebut mereka berbahagia, yaitu mereka yang telah bertekun; kamu telah mendengar tentang ketekunan Ayub dan kamu telah tahu apa yang pada akhirnya disediakan Tuhan baginya, karena Tuhan maha penyayang dan penuh belas kasihan."

Pertanyaan besar yang ditanyakan semua orang saat ini adalah, "Kapan segalanya akan kembali normal?" Tapi, saya ingin bertanya pada Anda, apa yang akan Anda lakukan jika segalanya tidak kembali normal?

Jawabannya sederhana. Jangan menaruh pengharapan Anda pada sesuatu yang tidak kekal, seperti pemerintah. Jangan percaya pada media atau selebriti. Sebaliknya, taruh pengharapan Anda pada Tuhan.

Mengapa harus kepada Tuhan?

Sebab Dia tahu akhir ceritanya. Kita tidak pelu mengetahuinya, sebab hanya Dia yang tahu. Dia memegang masa depan.

Kisah Ayub mengajarkan kita hal ini. Bayangkan menjadi Ayub ketika segala yang ia miliki direnggut darinya. Dia tidak tahu akan masa depannya. Dia tidak tahu bahwa pada akhirnya Tuhan akan memulihkan banyak hal. Namun, dia percaya Tuhan.

Yakobus berkata, "Sesungguhnya kami menyebut mereka berbahagia, yaitu mereka yang telah bertekun; kamu telah mendengar tentang ketekunan Ayub dan kamu telah tahu apa yang pada akhirnya disediakan Tuhan baginya, karena Tuhan maha penyayang dan penuh belas kasihan" (Yakobus 5:11).

Tuhan menyatukan setiap detail kehidupan Ayub karena Dia peduli padanya. Dan Tuhan pun akan melakukan hal yang sama pada Anda. Separah apapun Anda telah mengacaukan awal cerita Anda; percayalah bahwa Tuhan akan mengurus setiap detailnya, kemudian lihat bagaimana Dia menyatukan semuanya di akhir cerita Anda. Bahkan, Tuhan sudah tahu bagaimana akhir dari cerita Anda.

Masalahnya, ini semua adalah cerita Tuhan dan Dia menciptakan Anda untuk menjadi bagian yang unik dan signifikan dari cerita tersebut. Itulah mengapa Anda harus mengimani bahwa Dia sedang berkarya memelihara Anda dan memberikan Anda masa depan yang baik.

Berulang kali Tuhan berkata dalam Alkitab bahwa suatu hari Dia akan memberi upah atas iman kita. Kitab Yakobus mengatakan: "Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia" (Yakobus 1:12).

Renungkan hal ini:
- Bagaimana tindakan dan sikap Anda berubah ketika Anda tahu dan percaya bahwa Tuhan memegang kendali dan tahu bagaimana akhir cerita Anda?
- Apa respons Anda akan hal ini: Bagaimanapun Anda telah mengacaukan awal dari cerita Anda, percayalah bahwa Tuhan sedang menyatukan segalanya untuk memberikan Anda masa depan yang penuh pengharapan
- Bagaimana Anda dapat menyemangati seseorang yang berpikir bahwa kisah hidup mereka sudah berakhir oleh karena kesalahan yang mereka buat?



Bacaan Alkitab Setahun :
Pengkotbah 1-2; II Korintus 13


Apapun yang Anda alami saat ini, Tuhan telah berjanji untuk bekerja dalam segala sesuatunya untuk mendatangkan kebaikan. Dan itulah alasannya berpengharapan— dan alasan untuk percaya kepada-Nya dengan setia.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top