Tuhan Menggunakan Masalah untuk Membantu Kita Bertumbuh

| Jumat, September 18, 2020 |

2 Korintus 4:17 "Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami."

Tuhan menggunakan segalanya — bahkan pandemi seperti sekarang ini— untuk membuat karakter kita bertumbuh. Dia menggunakan masalah untuk membantu kita menjadi dewasa. Yakobus menulisnya seperti ini: "Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun" (Yakobus 1: 2-4).

Mungkin saat ini Anda merasa lelah dan kehabisan tenaga karena dampak dari COVID-19 pada hidup Anda serta orang-orang yang Anda kasihi. Inilah waktu yang tepat untuk datang kepada Tuhan, untuk menaruh pengharapan kepada-Nya, dan untuk percaya bahwa Dia tetap memegang kendali.

Dia adalah Tuhan pengharapan, dan pengharapan di dalam Dia tidak akan mengecewakan. Seiring berjalannya waktu, Anda akan melihat bahwa Tuhan bahkan dapat menggunakan pandemi ini untuk membuat Anda lebih kuat dan untuk melatih otot spiritual Anda.

Dalam Roma 8:28, Alkitab mengajarkan, "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah." Tujuan Tuhan buat Anda di dunia ini ialah untuk mempersiapkan Anda untuk kekekalan surga. Hidup ini adalah persiapan untuk kehidupan selanjutnya. Sekarang kita sedang melakukan pemanasan! Kemungkinan besar Anda tinggal di bumi ini kurang dari seratus tahun, tetapi Anda akan tinggal di dalam kekekalan selama triliunan demi triliunan tahun — dan bahkan pada titik tersebut, Anda baru saja memulai!

Itulah yang dikatakan Paulus dalam 2 Korintus 4:17: "Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami."

Masalah hari ini mungkin tampak bagaikan beban yang berat. Namun, percayalah bahwa itu semua tidak akan ada di surga.

Berpeganglah pada pengharapan itu saat Anda merasa lelah, kewalahan, atau hendak menyerah. Tuhan sedang mempersiapkan Anda untuk tinggal selamanya bersama Dia di surga!

Renungkan hal ini:
- Bagaimana dengan mengetahui bahwa segala kesukaran yang Anda hadapi sekarang adalah untuk mempersiapkan Anda tinggal di surga membantu Anda untuk bertahan?
- Bagaimana masa-masa sulit membantu Anda atau orang lain yang Anda kenal untuk tumbuh?
- Bagaimana Anda pernah mengalami pengharapan yang hanya datangnya dari Tuhan?


Bacaan Alkitab Setahun :
Amsal 30-31; II Korintus 12


Masalah hari ini membuat Anda siap untuk kehidupan kekal yang tidak dapat Anda bayangkan sekarang.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top