Jangan Biarkan Emosi Anda Memberi Pijakan kepada Iblis

| Minggu, November 29, 2020 |

Efesus 4:27 "Dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis."

Dalam setiap pertengkaran, peperangan spiritual yang tidak kelihatan sedang terjadi di balik layar.

Di permukaan, pertengkaran mungkin kelihatannya sepele. Anda mungkin berpikir sedang berdebat tentang siapa yang tidak membuang sampah atau siapa yang menggeletakkan pakaiannya di lantai. Tetapi sesungguhnya Iblis sedang berusaha membuat kekacauan, gangguan, dan kehancuran dalam hubungan Anda. Dia ada di belakang layar sedang mencoba untuk mengambil setiap kesempatan untuk menciptakan konflik dalam hidup Anda.

Anda tak akan merasakan damai sejahtera dalam hidup apabila Anda berpikir Anda hanya sedang bertengkar dengan seseorang. Ketahuilah sesungguhnya Anda sedang berperang melawan kekuatan spiritual. Iblis itu tidak terlihat, tetapi dia nyata.

Efesus 4:27 mengatakan, "Dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis." Kemarahan memberikan Iblis sesuatu yang dapat ia pegang dalam hidup Anda. Setiap kali Anda marah dan menggunakan kata-kata yang menyakitkan, Anda sedang membuka pintu bagi Iblis untuk mendapatkan tempat pijakan dalam pikiran Anda dan menciptakan kekacauan. Anda tidak akan bisa mempunyai hubungan yang sehat apabila Anda memiliki emosi yang kalut dan tidak terkendali.

Saat Anda marah, Iblis sudah siap dengan gudang kata-kata menyakitkan yang hendak ia tanamkan di dalam pikiran Anda. Dia mengusik harga diri Anda. Dia membuat Anda berpikir bahwa Anda pasti benar atau merasa memenangkan argumen. Dia mencegah Anda untuk melihat atau peduli dengan luka yang Anda sebabkan dari kata-kata Anda.

Bagaimana Anda melawan kekuatan roh yang semacam itu? Anda harus melawan Iblis.

Ketika Anda sadar bahwa Anda hendak bertengkar dengan seseorang, ketahuilah bahwa Iblis punya sebuah rencana untuk membuat Anda kesal. Dia ingin Anda stres, marah, dan terluka. Dia akan menggunakan pikiran-pikiran negatif apa pun dalam hidup Anda untuk menghancurkan kedamaian Anda. Jangan biarkan Iblis melakukan itu!

"Supaya Iblis jangan beroleh keuntungan atas kita, sebab kita tahu apa maksudnya" (2 Korintus 2:11).

Jika Anda tidak tahu bagaimana skema Iblis, maka Anda akan dikalahkannya berulang-ulang kali. Sekarang Anda tahu bahwa — ketika Anda marah dan menggunakan kata-kata yang menyakitkan — Anda memberi Iblis tempat berpijak dalam hidup dan hubungan Anda. Oleh karena itu, sekarang Anda bisa menghentikan pertengkaran sebelum itu dimulai.

Di lain kesempatan, saat Anda tergoda untuk merespons dengan amarah, alih-alih, buatlah pilihan untuk membiacarakanya dengan cinta kasih.

Renungkan hal ini:
- Bagaimana dengan mengetahui bahwa Iblis sedang bekerja di belakang layar mengubah cara Anda merespons perselisihan?
- Menurut Anda mengapa Setan menggunakan emosi Anda untuk memicu konflik?
- Bagaimana kata-kata yang Anda ucapkan dan cara Anda mengucapkannya memengaruhi percakapan soal selisih pendapat?



Bacaan Alkitab Setahun :
Mikha 5; Ibrani 12:1-17


Iblis adalah sumber di balik semua konflik.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top