Jangan Bandingkan Diri Anda Dengan Orang Lain

| Jumat, Mei 17, 2013 |
Galatia 6:4 "Baiklah tiap-tiap orang menguji pekerjaannya sendiri; maka ia boleh bermegah melihat keadaannya sendiri dan bukan melihat keadaan orang lain."

Sejujurnya, Anda tidak bisa merasa bahagia dan cemburu pada saat bersamaan.
Bahkan salah satu rahasia terbesar dalam mencapai kebahagiaan hidup adalah dengan belajar menghilangkan rasa cemburu atau iri hati.
Mengakui bahwa Anda tengah berjuang dengan rasa iri memang terasa menyakitkan, namun mengakui adalah langkah pertama menuju perubahan nilai dan perubahan menuju kehidupan spiritual yang lebih matang.

Tuhan mengatakan bahwa cara untuk mengubah rasa cemburu ialah dengan mengubah perspektif Anda.
Meskipun Anda mungkin tidak bisa benar-benar mengubah rasa cemburu, tetapi Anda bisa mengubah cara pandang Anda, dan itu akan menghilangkan kecemburuan dari kehidupan Anda.

Untuk mengubah perspektif Anda, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain.
Alkitab mengatakan bahwa kepuasan berasal dari melakukan yang terbaik, bukan dari membandingkan diri sendiri dengan orang lain: "Baiklah tiap-tiap orang menguji pekerjaannya sendiri; maka ia boleh bermegah melihat keadaannya sendiri dan bukan melihat keadaan orang lain" (Galatia 6:4)

Periksa tingkat kecemburuan Anda.
Apakah Anda sedang membandingkan kehidupan Anda, rumah Anda, suami Anda, anak-anak Anda bahkan rumput halaman Anda dengan milik orang lain?
Pemeriksaan diri sendiri ini dapat menyingkap hal-hal yang mengejutkan Anda, dan itu juga dapat menunjukkan kepada Anda bahwa ada hal yang lebih penting untuk dilakukan daripada membandingkan diri sendiri atau membandingkan kepunyaan Anda dengan orang lain.

Ketika Anda berusaha menjadi orang yang Tuhan kehendaki, maka Anda akan menemukan arti, tujuan, pemenuhan, dan kepuasan yang sejati.
Anda tidak bisa fokus pada tujuan Anda jika sambil melihat orang lain.


Renungkan hal ini:

Hal apa yang mengejutkan dari hasil pemeriksaan tingkat kecemburuan Anda?

Bagaimana cara Anda mengubah perspektif agar tidak merasa cemburu atau iri terhadap orang lain?
____________________________________

Bacaan Alkitab Setahun :
1 Tawarikh 1-3; Yohanes 5:25-47
____________________________________

Ketika Anda berusaha menjadi orang yang Tuhan kehendaki, maka Anda akan menemukan arti, tujuan, pemenuhan, dan kepuasan yang sejati.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
____________________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top