Ketika Anda Iri Dengan Orang Lain; Anda Menyangkal Keunikan Anda

| Sabtu, Mei 18, 2013 |
Mazmur 139:13-16 "Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku. Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kau buat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya. Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah; mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanya."

Allah memberikan Anda kehidupan yang khusus dibuat hanya untuk Anda, dan itu berarti Anda tidak perlu meniru gaya hidup orang lain.
Jika Anda fokus pada rencana Allah dalam hidup Anda dan fokus dalam menyenangkan hati-Nya, maka Anda tidak akan dipusingkan dengan urusan iri hati.

Alkitab mengatakan bahwa solusinya adalah dengan melihat diri Anda, seperti Allah melihat diri Anda.
Mazmur 139:13 mengatakan, "Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku."
Anda unik dan berbeda, dan tidak ada orang seperti Anda di dunia ini, jadi mengapa harus membandingkan diri Anda dengan orang lain.

Membuat perubahan-perubahan positif dalam hidup dan membantu orang lain memang tindakan yang baik, tetapi ketika Anda berusaha menjadi seseorang yang sesuai dengan kehendak Allah, maka saat itulah Anda akan menemukan makna, tujuan, pemenuhan, dan kepuasan dalam hidup yang sejati.

Mungkin Anda hidup di tengah-tengah keadaan yang menyebabkan Anda sulit menghargai keunikan Anda, dan sulit mengerti bahwa keunikan Anda adalah faktor kunci untuk mengatasi iri hati.
Bersemangatlah. Jika saja Anda bisa melihat semua yang telah Tuhan lakukan untuk Anda dan tahu bagaimana Dia bekerja tanpa lelah untuk mengurus kebutuhan Anda.
Dia berjanji memberikan kebaikan pada setiap situasi, kesalahan, dan tragedi apapun.

Kenali keunikan Anda.
Anda tidak perlu iri pada siapa pun.
Anda hanya perlu menjadi apa yang Allah kehendaki saat Dia menciptakan Anda.

Ketika saya fokus dalam membuat Tuhan menjadi yang nomor satu dalam hidup saya, mengingat bagaimana Ia menciptakan saya sebagai pribadi yang unik dan mempunyai rencana bagi hidup saya, maka persaingan dengan orang lain menjadi tidak penting lagi.
Itu karena saya tidak lagi bersaing dengan orang lain.
Saya unik, dan begitu juga Anda.

Renungkan hal ini:

Luangkan waktu untuk mengidentifikasi karunia, talenta, dan sifat-sifat yang membuat Anda unik.
Apakah Anda memuji Allah karena karya-Nya yang nyata di dalam diri Anda?

Keadaan sulit apa yang sedang Anda hadapi saat ini?
Minta Allah untuk membantu Anda percaya pada ketetapan dan rencana-Nya dalam menghadapinya.
____________________________________

Bacaan Alkitab Setahun :
1 Tawarikh 4-6; Yohanes 6:1-21
____________________________________

Jika Anda fokus pada rencana Allah dalam hidup Anda dan fokus dalam menyenangkan hati-Nya, maka Anda tidak akan dipusingkan dengan urusan iri hati.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)
____________________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top