Akibat Dari Kemarahan Yang Tak Terkendali

| Selasa, November 29, 2016 |

Amsal 29:22 "Si pemarah menimbulkan pertengkaran, dan orang yang lekas gusar, banyak pelanggarannya."

Kemarahan punya harga yang harus dibayar. Bila Anda paham dengan fakta ini, Anda mungkin lebih bisa mengendalikan kemarahan dalam hidup Anda. Alkitab memberitahu kita, "Si pemarah menimbulkan pertengkaran, dan orang yang lekas gusar, banyak pelanggarannya" (Amsal 29:22). Kebanyakan dari kita pasti pernah melihat seseorang melakukan hal yang amat bodoh karena orang itu sedang marah. 

Alkitab sangat spesifik menjelaskan tentang akibat dari kemarahan. Alkitab mengatakan:

Kemarahan menyebakan pertengkaran (Amsal 15:18).
Kemarahan menyebabkan kesalahan (Amsal 14:29).
Kemarahan menyebabkan hal-hal bodoh (Amsal 14:17).

Anda mungkin pernah melihat semua akibat-akibat itu dari kemarahan Anda sendiri atau orang lain. Alkitab juga mengatakan dengan jelas tentang dampak dari kemarahan yang diekspresikan dengan tak pantas. Amsal 11:29 mengatakan, "Siapa yang mengacaukan rumah tangganya akan menangkap angin; orang bodoh akan menjadi budak orang bijak."

Pikirkan dampak dari amarah bagi keluarga Anda. Sebagai orang tua, kita sering diuji untuk memakai kemarahan untuk memotivasi anak-anak kita. Itu mungkin bekerja untuk jangka pendek. Ketika Anda marah, Anda memberi ketakutan yang besar kepada mereka. Anak-anak Anda mungkin bisa taat untuk jangka waktu pendek, namun Anda akan kalah dari mereka untuk jangka waktu lama. 

Hasil akhir dari amarah yang tak terkendali ini ialah keterasingan. Anda sebenarnya tengah mengasingkan diri Anda dari orang yang paling Anda kasihi. Dan ujung-ujungnya, Anda akan semakin marah dan akhirnya menjadi apatis (masa bodoh). Hasilnya, tak ada seorang pun yang ingin berada di dekat Anda.

Sesungguhnya Anda kalah ketika Anda hilang kesabaran. Anda mungkin bisa kehilangan reputasi Anda, pekerjaan Anda, anak Anda, atau cinta dari suami atau istri Anda ketika Anda hilang kendali.

Dan itu tak sebanding dengan akibatnya. 

Renungkan hal ini : 

Apa yang Anda perhatikan dari orang-orang yang malah menjadi terasingkan dari orang lain karena kemarahan mereka?

Jika Anda kadang menunjukkan amarah yang tak terkendali, apa dampak buruknya untuk hidup Anda?

Apa cara praktis yang bisa Anda pakai untuk mengontrol kemarahan Anda sehingga itu tidak menyebabkan rasa sakit untuk Anda atau untuk orang di sekitar Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
Mikha 4:1-5 ; Ibrani 10:19-39

Sesungguhnya Anda kalah ketika Anda hilang kesabaran
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top