Bagaimana Saya Tahu bahwa Saya Telah Diselamatkan?

| Rabu, Desember 20, 2017 |
Efesus 2: 8-9 "Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri."

Dalam Lukas 23:42, salah satu penjahat yang disalibkan di sebelah Yesus berdoa, "Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja."

Perhatikan, dia tidak meminta Yesus untuk menghentikan rasa sakitnya, meski tentu saja ia merasakan sakit yang begitu menyiksa di atas kayu salib. Pada saat itu Yesus dikenal banyak orang karena melakukan mujizat, namun penjahat tersebut tidak meminta Yesus untuk menyelamatkannya dari kematian.

Dia berkata, "Yesus, ingatlah akan aku." Mengapa? Karena dia tahu apa yang paling ia butuhkan ialah diselamatkan dari dosa- bukan hanya keselamatan untuk masuk Surga. Sebab itu ia menaruh iman percayanya kepada Yesus.

Alkitab mengatakan dalam Kisah Para Rasul 16:31, "Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu."

Jadi, bagaimana Anda tahu pasti bahwa Anda telah diselamatkan? Bagaimana Anda tahu pasti bahwa Anda akan masuk Surga ketika Anda mati? Bagaimana Anda bisa yakin? Bagaimana Anda bisa melenyapkan keraguan Anda?

Jaminan keselamatan Anda bukan dari kerja keras Anda, sebab Anda tidak bisa memperoleh keselamatan dengan usaha Anda. Jaminan keselamatan Anda bukan atas perasaan Anda, karena perasaan kerap datang dan pergi.

Lalu apa jaminan keselamatan Anda? Janji Firman Tuhan. Jika Tuhan telah berfirman, maka itu pasti akan terjadi, sebab Tuhan tidak berbohong. Anda bisa mempercayai janji Firman Tuhan. Anda bisa berpegang pada janji-Nya.

Yesus menjawab penjahat yang disalibkan bersama-Nya itu, "Sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus" (Lukas 23: 43b). Itu juga jaminan keselamatan buat Anda dan saya: Tuhan berjanji bahwa suatu hari Anda akan berada di Surga bersama-Nya jika Anda percaya pada-Nya di dalam iman.

Renungkan hal ini:
- Bagaimana Anda tahu bahwa Anda bisa percaya pada Alkitab beserta janji-janji Allah?
- Apa hal-hal yang coba ditambah-tambahkan orang ke dalam keselamatan, ketimbang mengimani janji sederhana dari Firman Tuhan?
- Bagaimana seharusnya Anda hidup dengan berbeda ketika Anda telah memiliki jaminan keselamatan melalui Kristus?



Bacaan Alkitab Setahun :
Zakaria 4; Wahyu 9


Janji Tuhan itu Ya dan Amin!
Percayalah akan janji-Nya untuk keselamatan hidup Anda. 
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top