Mengapa Saya Tidak Membiarkan Tuhan Pegang Kendali?

| Minggu, Mei 27, 2018 |
Roma 6: 12-13 "Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya. Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran."

Setiap hari Anda dikendalikan oleh sesuatu. Anda mungkin dikendalikan oleh ego Anda sendiri atau oleh harapan orang lain. Anda mungkin dikendalikan oleh rasa takut atau rasa bersalah atau kekesalan atau kepahitan. Anda mungkin dikendalikan oleh suatu zat tertentu atau kebiasaan. Anda dikendalikan oleh sesuatu setiap harinya. 

Kelegaan datang ketika Anda memilih apa yang akan mengendalikan Anda. Ketika Anda memilih Yesus Kristus untuk mengendalikan hidup Anda, ketika Anda dikuasai oleh Sang Guru, maka Anda dapat menguasai yang lainnya. Jika Allah bukan yang nomor satu dalam hidup Anda, artinya ada hal lain yang menempatinya dan hal itulah yang akan mengendalikan Anda ke arah yang negatif. Namun sebaliknya, ketika Kristus mengendalikan hidup Anda, maka Dia akan selalu menggerakkan Anda ke arah yang benar.

Roma 6: 12-13 mengatakan, "Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya. Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran."

Apa saja langkah-langkah untuk dapat mengizinkan Kristus memegang kendali atas Anda? 
- Akui bahwa Anda selama ini mencoba menjadi Tuhan bagi diri Anda sendiri.
- Akui bahwa Anda tidak bisa mengubah diri Anda sendiri. 
- Dengan rendah hati, minta Tuhan untuk membantu Anda untuk berubah.
- Katakan dengan jujur kepada seseorang akan hal-hal yang perlu berubah dalam hidup Anda. 
- Beri Yesus Kristus kepemilikan total atas hidup Anda.

Apa Anda benar-benar ingin berubah? Apakah Anda bersedia melakukan hal-hal tadi? Berserulah kepada Tuhan, "Aku sudah sangat lelah mencoba dan gagal." Kemudian berhentilah mencoba, dan mulailah percaya. Tuhan memberi Anda dua pilihan, untuk bergantung pada-Nya atau bergantung pada diri Anda sendiri. Apa yang Anda pilih akan menentukan kelegaan, atau malah frustrasi.

Jadi mengapa tidak mempercayakan semuanya kepada Kristus? Toh, itu tidak ada ruginya!

Renungkan hal ini:
- Sifat atau persoalan apa yang membuat Anda tidak bisa mengendalikan hidup Anda kepada Tuhan?
- Dalam hal apa Anda mencoba menjadi Tuhan atas diri Anda? 
- Menurut Anda apa artinya menyerahkan diri Anda sepenuhnya kepada Tuhan?


Bacaan Alkitab Setahun :
1 Tawarikh 28-29; Yohanes 9:24-41


Kelegaan datang ketika Anda memilih untuk membiarkan Yesus mengendalikan Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top