Mengelola Stres Seperti Yesus: Bergabunglah dengan Kelompok Kecil

| Senin, November 19, 2018 |
Matius 26:38 "Lalu kata-Nya kepada mereka: "Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku." 


Tahukah Anda bahwa Yesus memiliki sebuah kelompok kecil?
Bacalah Alkitab, dan Anda akan menyadari bahwa Yesus melakukan hampir segala hal dengan kelompok kecilnya - orang-orang yang Dia panggil untuk menjadi murid terdekat-Nya.

Ini mengungkapkan kepada kita salah satu dari tujuh prinsip manajemen stres Yesus. Berikut ini lima prinsip yang sudah kita pelajari sebelumnya:
1. Identifikasi: Kenali siapa Anda
2. Motivasi: Ketahui untuk kehendak siapa Anda hidup
3. Panggilan: Kenali panggilan Anda
4. Konsentrasi: Fokus pada hal yang paling penting
5. Meditasi: Dengarkan Tuhan

Prinsip keenam adalah Kolaborasi. Jika Anda ingin mengurangi stres Anda, maka Anda harus bergabung dengan kelompok kecil.

Anda tidak diciptakan untuk menghadapi tekanan hidup seorang diri. Tuhan ingin Anda berbagi beban itu dengan orang lain.

Anda mungkin pernah mendengar ini: Jika Anda harus menyelesaikan sesuatu, kerjakan itu sendiri.
Itu kunci stres- bukan kunci kesuksesan!

Bukan apa yang telah Yesus lakukan. Hal pertama yang dilakukan Yesus dalam pelayanan-Nya ialah membentuk kelompok kecil. Dia tahu bahwa Allah menciptakan kita untuk hidup di dalam komunitas, karena itulah Dia hidup dari kebenaran itu.

Yesus datang kepada kelompok kecilnya di malam yang paling sulit yang pernah ada dalam hidup-Nya. Ketika Yesus tahu bahwa Ia akan ditangkap di Taman Getsemani, di malam sebelum Ia disalibkan, Ia tidak pergi sendirian. Dia mengajak kelompok kecilnya pergi ke sana. 

Alkitab berkata, "Lalu kata-Nya kepada mereka: "Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku" (Matius 26:38).

Yesus tidak membutuhkan nasihat dari kelompok kecilnya. Dia tidak membutuhkan kata-kata penghiburan dari mereka. Dia hanya membutuhkan kehadiran mereka.
Jika Yesus mendapat manfaat dari kelompok kecilnya, bayangkan manfaat yang bisa Anda ambil juga!

Renungkan hal ini:
- Bagaimana hubungan Anda dengan orang lain selama ini membantu Anda mengatasi stres dalam hidup Anda?
- Jika saat ini Anda belum memiliki kelompok kecil, lalu apa yang menghalangi Anda untuk bergabung dengan mereka? Jika Anda sudah punya kelompok kecil, apa saja yang bisa menghalangi Anda untuk lebih berinvestasi ke dalamnya?
- Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk membantu orang lain dalam kehidupan Anda untuk memikul sebagian dari stres mereka?


Bacaan Alkitab Setahun :
Amos 5-9; Ibrani 5:1-10


Libatkan diri Anda dalam satu tubuh yang saling menguatkan dan membutuhkan satu sama lain dan terikat dalam Tuhan
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top