Cara Memanfaatkan Waktu Sebaik-baiknya

| Jumat, Desember 21, 2018 |
Galatia 6: 5 "Sebab tiap-tiap orang akan memikul tanggungannya sendiri."

Kita semua mendapatkan jumlah waktu yang sama setiap minggu: 168 jam. Perbedaan antara orang yang menjadikan hidup mereka berguna dengan yang tidak ialah bagaimana mereka mengatur waktu mereka. Tuhan ingin menggunakan hidup Anda dengan cara-cara yang luar biasa. Dia menempatkan Anda di planet ini agar Anda memenuhi rancangan-Nya. Namun kebanyakan orang tidak mengalami memiliki kehidupan yang berguna sebab mereka tidak menyediakan waktu mereka untuk Tuhan di dalam jadwal mereka. Mereka begitu sibuk dengan agenda mereka, mereka tidak pernah belajar bagaimana mengatur waktu mereka. Jika Anda ingin dipakai oleh Tuhan, Anda harus mengatur waktu Anda dengan baik.

Alkitab mengatakan dalam Mazmur 90:12, "Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana." Perhatikan, dikatakan bahwa manajemen waktu harus dikuasai. Mengapa? Karena sebagian besar dari kita pada dasarnya tidak pandai mengatur waktu. Pada dasarnya kita senang membuang-buang waktu. Pada dasarnya kita menghabiskannya untuk hal-hal yang tak penting.

Kita harus belajar caranya menggunakan waktu dengan bijak. Selama beberapa hari ke depan, kita akan melihat beberapa prinsip dasar untuk membantu Anda memiliki pemahaman yang lebih baik dalam kalender kegiatan Anda, sehingga Anda dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Untuk dapat memanfaatkan waktu Anda dengan baik, Anda harus bertanggung jawab atas waktu Anda.

Itu langkah pertama. Artinya Anda harus berhenti mengeluh tentang seberapa banyak pekerjaan yang harus Anda selesaikan, dan seberapa banyak pekerjaan yang belum Anda selesaikan, dan betapa kerasn Anda telah bekerja dan betapa stresnya Anda. Beigitu Anda melakukannya, artinya Anda baru saja membuat pilihan yang cerdas. Berhentilah bersungut-sungut, dan mulailah membuat pilihan cerdas. 

Pilihan Anda mengendalikan agenda kegiatan Anda jauh dibanding keadaan dan permasalahan Anda. Mungkin Anda tak menyukai apa yang Anda lakukan saat ini, namun Anda memilih untuk sibuk. Anda tak bisa mengubah keadaan Anda sampai Anda mulai mengubah pilihan Anda. Alkitab berkata dalam Galatia 6: 5, "Sebab tiap-tiap orang akan memikul tanggungannya sendiri."

Ada tiga tipe orang di dunia ini: penuduh, pencari alasan, dan pemilih.

Para penuduh adalah orang-orang yang menyalahkan orang lain atas masalah mereka. Mereka terus-menerus menuduh orang lain sebagai penyebab dari ketidakbahagiaan hidup mereka.

Para pencari alasan tidak menyalahkan orang lain. Mereka hanya membuat alasan mengapa mereka tidak berbuat lebih banyak dengan kehidupan mereka dan mengapa mereka tidak bahagia. Mereka mengatakan pada diri mereka sendiri kebohongan rasional yang kedengarannya bagus — dan kemudian mereka percaya pada kebohongan itu. Ketika para pencari alasan ini ingin menunda-nunda pekerjaan, alasan apa pun akan digunakan. 

Tuhan ingin Anda menjadi para pemilih. Dia ingin Anda memikul tanggung jawab atas hidup Anda. Anda memilih untuk sedekat dengan Tuhan seperti yang Anda inginkan. Anda memilih untuk menjadi matang secara rohani seperti yang Anda inginkan. Anda memilih untuk menjadi bahagia seperti yang Anda inginkan. Anda memilih untuk menjadi disiplin seperti yang Anda inginkan. Anda memilih untuk menjadi sibuk seperti yang Anda inginkan. Pilihan ada di tangan Anda!

Berhentilah mengeluh tentang seberapa banyaknya pekerjaan yang harus Anda lakukan dan seberapa letihnya Anda sepanjang waktu atau bagaimana orang lain mempengaruhi jadwal Anda. Mulailah memikul tanggung jawab atas waktu Anda, dan buatlah pilihan-pilihan cerdas yang akan membantu Anda memanfaatkan waktu yang telah diberikan Tuhan dengan sebaik-baiknya. 

Renungkan hal ini:
- Pikirkan tentang jadwal Anda minggu ini. Berapa banyak hal yang harus Anda kerjakan oleh karena keadaan Anda, dan berapa banyak hal yang harus Anda kerjakan karena pilihan Anda?
- Pilihan-pilihan apa yang bisa Anda ambil hari ini yang akan mendatangkan lebih banyak manfaat buat Anda?
- Apakah Anda condong sebagai seorang penuduh atau seorang pembuat alasan? Bagaimana itu mempengaruhi cara Anda mengatur waktu Anda?


Bacaan Alkitab Setahun :
Zakaria 6; Wahyu 11


Anda tidak akan berhasil dalam hidup ini bila Anda menghabiskan seluruh hidup Anda dengan memaklumi diri Anda sendiri atau menuduh orang lain.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top