Jika Anda Bijaksana, Anda Tak Akan Menyembunyikan Kelemahan Anda

| Rabu, Desember 19, 2018 |
Yakobus 3:17 "Tetapi hikmat yang dari atas adalah pertama-tama murni, selanjutnya pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik."

Tandanya orang bijak ialah mereka tidak berusaha menyembunyikan kelemahan mereka.

Alkitab mengatakan hikmat yang sejati tidak memihak dan tidak munafik." Dua kata tersebut dalam bahasa Yunani terdengar "munafik," namun arti sesungguhnya itu bertujuan untuk alasan yang baik: "tanpa kemunafikan" dan "tidak ditutup-tutupi."

Teater Yunani seringkali hanya menampilkan beberapa aktor yang memainkan banyak peran berbeda dalam satu juduk pertunjukan. Mereka akan memegang topeng di depan wajah mereka untuk setiap peran yang berbeda. Satu orang bisa menggunakan lima atau enam topeng yang berbeda di setiap babaknya. Orang tersebut, aktor tersebut, dinamakan sebagai seorang "munafik."

Jika Anda bijak, Anda tidak palsu. Anda tidak memakai topeng dan mencoba menjadi orang lain dan bukan diri Anda sendiri. Anda haruslah asli dan otentik. Anda sama seperti apa yang dilihat orang lain! Anda tidak berusaha mencapai kesempurnaan atau berpura-pura seakan Anda sempurna. Anda sadar akan kelemahan Anda, dan Anda tidak mencoba menyembunyikannya.

Amsal 28:13 mengatakan, "Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi." Konyol apabila Anda berpura-pura sempurna padahal tidak ada seorang pun yang sempurna.

Bila Anda tidak mau mengakui kelemahan Anda, maka Anda hanya tahu tentang kelemahan Anda sendiri! Kita melihat kelemahan masing-masing sepanjang waktu dan kebanyakan orang begitu gemar mencari kelemahan orang lain namun kita sendiri tidak mau memperlihatkan kelemahan kita. 

Jika Anda bijak, Anda tidak akan menyembunyikan kelemahan Anda. Orang menghargai kejujuran — ketika Anda berterus terang tentang keadaan Anda, itu membantu orang-orang yang Anda ajak bicara menjadi lebih terbuka, karena mereka mungkin tengah bergumul dengan kekurangan yang sama dengan Anda.

Renungkan hal ini: 
- Kelemahan apa yang tengah Anda coba sembunyikan dari orang lain? Apakah menurut Anda orang-orang dalam hidup Anda belum menyadarinya?
- Apakah mencoba menyembunyikan kelemahan Anda akan mempengaruhi kesehatan fisik dan emosional Anda?
- Mengapa Alkitab mengatakan Anda tidak akan pernah berhasil menyembunyikan dosa Anda?



Bacaan Alkitab Setahun :
Zakaria 4; Wahyu 9


Ketika Anda mulai memberi tahu orang lain tentang kelemahan Anda, mereka tidak akan terkejut. Mereka sudah mengetahuinya. 
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top