Lima Cara Yesus Melindungi dan Memimpin Anda

| Kamis, Maret 28, 2019 |
Yohanes 10: 10-11 "Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan. Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;"

Domba pada dasarnya adalah hewan yang tak berdaya, sehingga seorang gembala menggunakan beberapa alat untuk melindungi dan memimpin kawanan dombanya. Dia menggunakan tongkat untuk menjaga dan melindungi serta gada yang sedikit melengkung untuk menyelamatka mereka.

Kita bagaikan domba yang tersesat, karena itulah Yesus datang ke Bumi untuk menjadi Gembala yang Baik bagi kita. Sama seperti gembala yang menggunakan alat-alat, tongkat dan gada, untuk membimbing dan melindungi, Tuhan pun ingin melindungi Anda dan mengarahkan Anda. Berikut ini lima cara Tuhan melakukannya:

1. Jika Anda membawa kepedihan Anda kepada-Nya, maka Yesus berbelas kasih. 

Yesus berbelas kasih kepada kita, sebab Dia tahu bahwa kita tidak berdaya tanpa Dia (Matius 9:36). Dia tidak menjatuhkan Anda; Dia mengangkat Anda. Dia tidak membuat Anda gila; Dia membuat Anda tetap waras. "Sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang" (Matius 20:28).

2. Jika Anda mengikuti Dia, Yesus menuntun Anda ke arah yang benar. 

Gembala memimpin kawanan dombanya. Dia memanggil Anda dari depan dan memimpin Anda bergerak maju. Yesus tidak akan menekan Anda menjalani hidup ini; Dia akan berkata, "Lihat bagaimana Aku melakukannya. Ikuti ke mana Aku pergi."

"Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mereka dan domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya" (Yohanes 10: 4).

3. Jika Anda bingung atau keluar jalur, Yesus akan mencari Anda dan menjemput Anda kembali. 

Ketika Tuhan membawa Anda kembali setelah Anda keluar dari jalur-Nya; Dia tidak akan menghukum Anda, tetapi Dia akan mendisiplinkan Anda. Jika seorang gembala punya domba yang gemar berkeliaran, maka dia akan mengikat kaki dombanya agar mereka tidak bisa bergerak. Dengan cara yang sama, kadang Tuhan membuat kita berjalan pincang untuk mencegah kita berkeliaran.

"Bagaimana pendapatmu? Jika seorang mempunyai seratus ekor domba, dan seekor di antaranya sesat, tidakkah ia akan meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di pegunungan dan pergi mencari yang sesat itu?" (Matius 18:12).

4. Jika Anda gagal atau jatuh, Yesus menyelamatkan Anda dan membuat Anda berada di jalan menuju pemulihan.

Seperti semua domba, kita bukan hanya berkeliaran, tetapi kita juga tersandung. Ketika kita percaya bahwa Tuhan akan memulihkan kita dan menyelamatkan kita ketika kita gagal, maka kita akan dengan setia berlari kepada-Nya setiap kali kita kacau. 

Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Bukankah manusia jauh lebih berharga dari pada domba? Karena itu boleh berbuat baik pada hari Sabat." Lalu kata Yesus kepada orang itu: "Ulurkanlah tanganmu!" Dan ia mengulurkannya, maka pulihlah tangannya itu, dan menjadi sehat seperti tangannya yang lain" (Matius 12: 11-12).

5. Jika Anda percaya Dia untuk menyelamatkan Anda, maka Yesus akan menepati janji-Nya untuk menyelamatkan Anda. 

Bukan tugas Anda untuk menyelamatkan diri Anda sendiri. Tugas Anda hanyalah menyerahkan diri Anda di tangan Tuhan dan berkata, "Ya Tuhan, aku milik-Mu sepenuhnya— yang baik, yang buruk, yang jelek." Tuhan sungguh mengasihi Anda sehingga Ia tidak ingin melepaskan Anda. 

"Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa" (Yohanes 10:29).

Kebaikan Allah berarti Dia akan membimbing Anda, menjaga Anda, melindungi Anda, membimbing Anda, dan menyelamatkan Anda. Tidak ada seorangpun yang bisa memberi Anda lima keuntungan itu. Itu hanya datang dari Yesus, Gembala kita yang Baik. 

Renungkan hal ini:
- Ke arah mana Yesus tengah mengarahkan Anda saat ini? Di tempat kerja Anda? Di keluarga Anda? Komunitas Anda? Di gereja Anda? Dalam hubungan Anda dengan orang lain?
- Apa yang telah Anda pelajari dari kedisiplinan Allah?
- Apakah Anda percaya pada janji Allah bahwa Ia tidak akan pernah meninggalkan Anda dan akan selalu datang menjemput Anda? Mengapa atau mengapa tidak?



Bacaan Alkitab Setahun :
Hakim-hakim 4-6; Lukas 4:31-44


Yesus adalah Gembala yang baik. Gembala yang baik mengenal domba - dombaNya dan menyerahkan nyawaNya untuk kita , milik kesayanganNya
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top