Kemurahan Hati Yang Alkitabiah

| Kamis, Mei 09, 2019 |
2 Korintus 9: 7 "Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita."

Kemurahan hati bukanlah soal kekayaan Anda. Ini soal kemauan Anda untuk membantu orang lain, menunjukkan kasih Anda kepada orang lain, dan untuk memuliakan Tuhan. 

Dalam 2 Korintus 9: 7, Tuhan memberitahu kita tiga ciri-ciri kemurahan hati: "Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita."

Berikut tiga ciri-ciri kemurahan hati yang sesuai dengan Alitab:

Selalu bijak. "Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya," Anda harus memikirkan berapa banyak yang akan Anda beri. Jangan melakukannya dengan impulsif atau terbawa emosi. Ambillah keputusan untuk memberi dan rencanakanlah. 

Selalu dengan kerelaan hati. "Jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita." Jangan pernah sekali pun memberi karena rasa bersalah. Ketika Anda memberi karena keterpaksaan, maka Anda tidak akan mendapatkan ganjaran atas hal itu, dan itu tidak akan membuat hati Anda bertumbuh. 

Selalu dengan sukacita. "Sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita." Apabila Anda tidak dapat memberi dengan sukacita, maka jangan lakukan itu. Jadilah si Pelit dan Anda tidak akan mendapatkan upah apa pun, terkecuali jika Anda memberi kepada seseorang dengan hati yang gembira.

Bermurah hatilah dengan pemberian Anda. Sekali lagi, ini bukan soal berapa jumlah atau kuantitas yang Anda beri - bukan selalu soal uang. Anda dapat bermurah hati dengan waktu atau bakat Anda. 

Renungkan hal ini:
- Mengapa Tuhan ingin Anda memikirkan matang-matang dan merencanakan bagaimana Anda akan memberi?
- Apakah Anda menyebut pemberian Anda sebagai suatu pengorbanan? Mengapa atau mengapa tidak?
- Apa saja cara yang spesifik yang bisa Anda pakai untuk lebih bermurah hati dengan waktu Anda minggu ini?



Bacaan Alkitab Setahun :
2 Raja-raja 7-9; Yohanes 1:1-28


Apa pun yang Anda berikan, berikanlah itu dengan bijak, kerelaan hati, dan sukacita.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top