Bagaimana Keputusan Anda Mempengaruhi Orang Lain

| Senin, Juni 03, 2019 |
Roma 14: 12-13 "Demikianlah setiap orang di antara kita akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah. Karena itu janganlah kita saling menghakimi lagi! Tetapi lebih baik kamu menganut pandangan ini: Jangan kita membuat saudara kita jatuh atau tersandung!"

Salah satu kesalahan terbesar yang kita buat dalam hidup adalah kita lupa bagaimana tindakan kita memengaruhi orang-orang di sekitar kita. Jika Anda ingin membuat keputusan yang bijak, Anda perlu bertanya, "Apakah pilihan saya ini akan merugikan orang lain?"

Itu kebalikan dari budaya kita. Masyarakat kita mengajarkan kita untuk hanya memikirkan diri sendiri. Tetapi Tuhan ingin Anda memikirkan orang lain, bukan hanya diri Anda sendiri. Bahkan Alkitab mengatakan bahwa suatu hari Anda akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah tentang bagaimana keputusan Anda tersebut telah memengaruhi orang lain.

Roma 14: 12-13 mengatakan, "Demikianlah setiap orang di antara kita akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah. Karena itu janganlah kita saling menghakimi lagi! Tetapi lebih baik kamu menganut pandangan ini: Jangan kita membuat saudara kita jatuh atau tersandung!"

Mungkin Anda tak suka mendengar kenyataan ini, tetapi Anda sedang diawasi — setiap saat. Jika Anda orangtua, mata Anda harus terus mengawasi anak-anak Anda. Anda harus berhati-hati dengan apa yang Anda katakan dan lakukan, sebab Anda akan memengaruhi bukan hanya kehidupan Anda tetapi juga generasi berikutnya.

Tunjukkan rasa hormat terhadap otoritas tertinggi. Jika seorang petugas polisi menilang Anda, walaupun Anda berpikir dia salah, Anda harus tetap memperlakukannya dengan hormat.

Jangan mengabari bos Anda bahwa Anda sedang sakit padahal sebenarnya Anda sedang berlibur di pantai. 

Jangan membawa pulang perlengkapan kantor untuk digunakan demi keuntungan pribadi.

Jangan menggelapkan pajak Anda — dan kemudian sesumbar di depan anak-anak Anda bagaimana negara ini tidak memberi kesejahteraan buat rakyatnya. 

Jangan menonton hal-hal sampah yang ada di TV atau film bersama anak-anak Anda. Pikirkan lebih dulu apakah Anda harus menontonnya atau tidak sama sekali. 

Orang-orang yang dewasa membatasi kebebasan mereka demi kepentingan orang lain. Bukan karena mereka takut dengan apa yang dipikirkan orang lain, tetapi karena mereka terdorong oleh kasih. Di dalam situasi di mana tidak ada yang benar atau salah, Anda harus bertanya pada diri sendiri, "Apakah keputusan saya itu akan memengaruhi orang lain?"

Renungkan hal ini: 
- Bagaimana kesombongan memengaruhi kemampuan Anda untuk mempertimbangkan dengan baik bagaimana pilihan Anda memengaruhi orang lain?


Bacaan Alkitab Setahun :
2 Tawarikh 19-20; Yohanes 13:21-38


Setiap hari Anda dicobai untuk membuat keputusan yang mungkin kelihatannya terbaik buat Anda tetapi sebenarnya bisa memiliki dampak yang menghancurkan bagi orang-orang di sekitar Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top