Andalkan Tuhan, Bukan Tabungan Anda

| Selasa, November 12, 2019 |
Andalkan Tuhan, Bukan Tabungan Anda

1 Timotius 6: 17 "Peringatkanlah kepada orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan, melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati."

Satu-satunya makhluk ciptaan Allah yang khawatir adalah manusia. Tanaman tidak perlu khawatir. Hewan tidak perlu khawatir. Hanya manusia yang bertingkah laku seolah-olah kita tidak punya Bapa di Surga. Ketika Anda khawatir dengan keuangan Anda, pada dasarnya Anda berkata, "Menurut saya, Tuhan itu pembohong. Saya benar-benar tidak percaya Dia akan memenuhi segala kebutuhan saya."

Dia akan memenuhi segala yang Anda butuhkan, tapi jika Anda memenuhi persyaratan-Nya.

Waktu kecil, saya selalu datang ke ayah saya dan berkata, "Ayah, aku butuh uang." Tidak pernah sekali pun saya bertanya-tanya, "Dari mana ayah akan mendapatkan uangnya?" Ini ibarat peraturan tak tertulis tentang uang: Ayah dan ibu yang mencari uang; anak-anak yang menghabiskannya. Anak kecil tidak pernah bertanya-tanya, "Bagaimana orang tuaku akan mendapatkan uang itu?" Saya tidak pernah mengkhawatirkan hal itu.

Kekhawatiran sesungguhnya adalah ateisme. Setiap kali Anda cemas, pada dasarnya Anda berkata, "Saya tidak percaya ada Tuhan yang akan merawat saya." Jika Anda orang Kristen dan Anda khawatir, Anda bertingkah seolah Anda anak yatim. Anda bertindak seakan-akan Anda tidak memiliki Bapa surgawi yang telah berulang-ulang kali berjanji di dalam Alkitab, "Aku akan memenuhi segala kebutuhanmu jika engkau taat pada-Ku dan melaksanakan perintah-Ku." Kepercayaan mendorong Anda untuk hidup dengan iman.

Kekhawatiran adalah sebuah lampu pertanda. Setiap kali kita mencemaskan keuangan kita, itu merupakan pertanda bahwa kita ragu apakah Tuhan akan mengasihi kita dan apakah Ia akan memelihara kita. Kita akan selalu terlibat masalah ketika kita meragukan kasih Tuhan. Selalu.

Matius 6:33 mengatakan, "Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu."

Ketika Anda mencintai apa pun lebih dari Tuhan, maka hal tersebut akan menjadi sumber kekhawatiran Anda. Hanya satu hal yang dirancang untuk berada di tempat pertama dalam hidup Anda, dan itu bukan keluarga Anda. Apa pun yang Anda jadikan yang pertama dalam hidup Anda, selain Allah, maka itu akan menyebabkan kegelisahan, sebab pada akhirnya, hal-hal tersebut akan habis.

Tabungan Anda bukanlah jaminan keamanan Anda, tidak peduli seberapa banyaknya uang Anda. Alkitab mengatakan dalam 1 Timotius 6:17, "Peringatkanlah kepada orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan, melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati."

Renungkan hal ini:
- Adakah yang lebih Anda cintai selain Tuhan? Apakah jawaban Anda itu jelas terlihat oleh orang lain dengan melihat cara hidup Anda?
- Di kala resesi ekonomi atau permasalahan finansial, apa dan siapa yang Anda jadikan sumber pengharapan?
- Mulai hari ini, apa yang akan Anda lakukan secara berbeda ketika Anda mulai khawatir?


Bacaan Alkitab Setahun :
Daniel 10-12; Ibrani 2:1-4


Letakkan harapan Anda di dalam Allah, sebab Dia yang akan memikul beban kebutuhan Anda apabila Anda mau dan bersedia mempercayakan kebutuhan Anda kepada Dia.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top