Kunci Untuk Memperbaiki Hubungan Anda

| Senin, November 18, 2019 |
Kunci Untuk Memperbaiki Hubungan Anda

Matius 20:28 "Sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."

Anda ingin tahu rahasianya hubungan yang lebih baik dalam hidup?

Anda harus belajar melayani.

Akar dari sebagian besar masalah dalam hubungan ialah egoisme. Anda memang berurusan dengan masalah-masalah lain, namun akarnya biasanya karena mementingkan diri sendiri. Kita menginginkan apa yang kita inginkan, waktu kita menginginkannya. Tidak ada orang yang mau mengalah -- dan itu menyebabkan konflik.

Itulah mengapa Anda harus keluar dari perspektif Anda sendiri dan belajar melayani orang lain. Melayani orang lain mengubah Anda, dan itu mengubah hubungan Anda di dalam prosesnya.

Salah satu pelajaran terbesar yang Tuhan ingin Anda pelajari ketika Anda tinggal di planet ini adalah bagaimana untuk tidak mementingkan diri sendiri. Ini program studi seumur hidup. Sayangnya, begitu banyak orang yang menghabiskan seumur hidupnya tidak mau mempelajarinya.

Namun, Anda bisa membuat pilihan untuk hidup secara berbeda. Anda dapat belajar untuk tidak mementingkan diri sendiri. Bagaimana? Caranya sungguh sederhana: Dengan meniru Yesus.

Yesus mengatakannya seperti ini: "Sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang" (Matius 20:28). Lain kali Anda membaca tentang kehidupan Yesus di dalam Alkitab, perhatikan bagaimana Dia berurusan dengan orang lain. Perhatikan bagaimana Dia selalu menempatkan orang lain di atas diri-Nya sendiri. Ketika Anda meniru sikap-Nya, jalanilah hidup Anda bukan untuk keuntungan Anda tetapi untuk kepentingan orang lain. Yesus secara konsisten menunjukkan teladan ini di seluruh Injil.

Belajarlah untuk melakukan itu, dan hubungan Anda akan menjadi lebih baik. Anda bukan hanya akan menjadi semakin serupa seperti Yesus, tetapi Anda juga akan menjadi lebih dihargai dan dikasihi oleh teman-teman Anda. Orang-orang ingin berada di sekitar mereka yang terus-menerus berusaha melayani orang lain, yang tidak hanya menjalani kehidupan untuk kepentingan mereka sendiri.

Jangan mencoba menjadi menarik; tetapi tertarik. Tertariklah, pedulilah dengan orang lain. Jika Anda melakukannya, orang lain akan melihat Anda sebagai orang yang terbaik di dunia ini. Kebanyakan orang hanya tertarik pada diri mereka sendiri. Ketika Anda tertarik pada orang lain, maka mereka akan menghargai Anda -- dan bahkan menganggap Anda sebagai seorang pembicara terbaik yang pernah mereka kenal.

Alkitab berkata tentang melayani tanpa pamrih, "Karena barangsiapa melayani Kristus dengan cara ini, ia berkenan pada Allah dan dihormati oleh manusia" (Roma 14:18).

Renungkan hal ini:
- Siapa seseorang dalam hidup Anda yang menjadi teladan yang baik dalam melayani dengan tulus?
- Kapan Anda rasa paling sulit untuk berinteraksi dengan orang lain tanpa mementingkan diri Anda sendiri? Mengapa?
- Hubungan mana dalam hidup Anda yang dapat Anda perbaiki minggu ini dengan cara melayani orang tersebut tanpa mementingkan diri Anda sendiri?


Bacaan Alkitab Setahun :
Amos 5-9; Ibrani 5:1-10


Ketulusan akan mengubah hubungan Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top