Dua Cara Menghadapi Godaan

| Minggu, November 17, 2019 |
Dua Cara Menghadapi Godaan

Efesus 6:17 "Dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,"

Saat pencobaan datang dalam hidup Anda, ingatlah janji yang Tuhan berikan dalam FirmanNya. Setiap orang harus menghafal 1 Korintus 10:13 "Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya."

Ada banyak orang berkata pada saya, "Saya tidak bisa menahan diri saya. Adalah mustahil menolaknya. Saya tidak punya pilihan lain selain menyerah." Ketika Anda mengatakan itu, Anda sama saja menyebut Tuhan pembohong! Tuhan berjanji Ia akan selalu memberikan jalan keluar dari semua godaan yang Anda hadapi. Mungkin itu sulit dan menyakitkan. Bahkan mungkin memalukan. Tapi akan selalu ada jalan keluar. Tuhan memastikan hal itu! tulah janjI-Nya.

Setan terus berjuang menguasai pikiran Anda. Di situlah peperangan terjadi. Ketika Tuhan memberi kita ide, itulah inspirasi. Ketika Iblis memberi kita ide, itulah godaan. Setiap hari Anda harus membuat pilihan pikiran atau ide apa yang akan Anda pikirkan.

Anda dapat mengubah pikiran Anda dengan mengganti godaan dengan kebenaran, dan kebenaran itu ditemukan di dalam Alkitab.

Alkitab mengatakan agar kita menolak Iblis. Bagaimana caranya? Dengan mempersiapkan diri untuk menghadapi godaan dan pencobaan. Efesus 6:17 mengatakan, "Dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,"

Ada dua cara yang harus Anda lakukan untuk menghadapi godaan. Keselamatan adalah langkah pertama: "Dan terimalah ketopong keselamatan." Apa fungsi ketopong (semacam helm terbuat dari besi)? Itu untuk melindungi kepala dan pikiran Anda, sebab di situlah peperangan terjadi. Sebelum Anda mampu berkata 'tidak' kepada Iblis, Anda harus belajar berkata 'ya' kepada Yesus Kristus. Anda harus mempunyai kekuatan-Nya lewat anugerah keselamatan dari-Nya.

Langkah kedua adalah dengan menerima Firman Allah untuk digunakan sebagai pedang Roh. Kebenaran adalah penangkal godaan. Anda bisa menaruh Alkitab di meja kopi Anda di rumah, tetapi ketika Anda sedang berada di tempat kerja dan Anda menghadapi pencobaan, apa gunanya Alkitab itu? Tidak ada. Oleh karena itulah, Anda perlu menyimpan kebenaran Firman itu di dalam pikiran Anda.

Tak usah diragukan lagi, satu-satunya alat paling efektif untuk memerangi godaan ialah dengan menghafal Alkitab. Jika Anda tidak punya ayat yang Anda hafal, maka Anda tidak punya senjata untuk turun ke medan perang! Ketika Iblis datang, bagaimana Anda akan melawannya? Ia tidak takut dengan pendapat Anda, tetapi ia takut dengan kebenaran. Pedang Roh adalah Firman Tuhan, tetapi itu hanya akan menjadi senjata ketika Anda mengingat dan menghafalnya.

Renungkan hal ini:
- Apa beberapa gol yang dapat Anda tetapkan minggu ini untuk dapat menghafal Alkitab?
- Apa saja strategi menghafal yang dapat Anda gunakan waktu di sekolah dulu? Bagaimana Anda bisa mengaplikasikannya untuk menghafalkan Alkitab?
- Siapa orang yang dapat Anda andalkan untuk membantu Anda menghafal Alkitab? Mengapa penting bagi kita untuk memiliki seseorang seperti itu?


Bacaan Alkitab Setahun :
Amos 1-4; Ibrani 4:14-16


Jika Anda ingin dapat menghadapi godaan, Anda perlu mengklaim janji-janji Allah yang yang Ia berikan di dalam Firman-Nya tentang pencobaan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top