Saat Godaan Datang, Menjauhlah

| Sabtu, November 16, 2019 |
Saat Godaan Datang, Menjauhlah

Amsal 14:16 "Orang bijak berhati-hati dan menjauhi kejahatan, tetapi orang bebal melampiaskan nafsunya dan merasa aman."

Adalah masuk akal, jika Anda tidak mau tersengat, maka Anda harus menjauhi lebah! Jika Anda tidak ingin terbakar, jangan dekat-dekat dengan api! Jika Anda tidak ingin jatuh dari tebing, jangan berdiri di tepi tebing!

Amsal 14:16 mengatakan, "Orang bijak berhati-hati dan menjauhi kejahatan, tetapi orang bebal melampiaskan nafsunya dan merasa aman."

Mungkin Anda berpikir bisa menahan godaan, tapi mari kita jujur. Anda harus jujur menilai diri Anda sendiri. Anda harus menganalisis kapan dan di mana Anda paling rentan tergoda. Kemudian Anda harus menjauhi situasi tersebut sebisa mungkin.

Alkitab menyuruh kita untuk menjauhi godaan: "Aku memikirkan jalan-jalan hidupku, dan melangkahkan kakiku menuju peringatan-peringatan-Mu" (Mazmur 119: 59). Apabila Anda harus melepaskan diri secara fisik, lakukanlah! Ketika istri Potifar menggoda Yusuf, ia meninggalkan bajunya di tangan perempuan itu dan lari ke luar. Terkadang Anda harus sesimpel keluar dari situasi yang menggoda Anda. Larilah dari sana. Jangan hanya diam berdiri di sana.

Ketika Anda tergoda, bangun dan ubahlah fokus perhatian Anda. Atau nyalakan musik. Atau jalan-jalan. Atau baca Alkitab. Hubungi teman-teman Kristen dalam persekutuan kecil Anda. Lakukan sesuatu untuk menjauhinya.

Berikut ini beberapa saran praktis: Jangan pernah mencoba berdebat dengan Iblis. Anda pasti akan kalah. Iblis punya ribuan tahun untuk memikirkan cara-cara untuk melawan segala serangan yang bisa Anda pikirkan terhadap dia. Jangan merasionalkannya. Jangan membenarkannya. Jangan membantahnya. Kuncinya adalah dengan mematahkan fokus Anda dari godaannya. Jangan memadangi kue sambil berkata pada diri Anda sendiri, "Saya tidak menginginkannya! Saya tidak menginginkannya!" Berbaliklah! Semakin Anda melawan perasaan Anda, semakin keinginan itu tumbuh dengan intens.

Saat godaan menelepon Anda, jangan coba-coba berdebat dengannya. Tutup telepon itu, dan lakukan yang lain.

Renungkan hal ini:
- Di mana Anda merasa paling tergoda? Apakah itu di bandara? Dalam perjalanan bisnis? Di rumah ketika Anda sendirian atau ketika anak-anak di sekolah? Pada akhir pekan? Saat Anda menonton televisi?
- Perubahan apa yang perlu Anda lakukan dalam jadwal Anda atau gaya hidup Anda untuk meminimalkan paparan terhadap situasi tersebut?
- Strategi apa yang dapat membantu Anda "menahan" godaan jika Anda tidak bisa dengan mudah keluar dari situasi tersebut?


Bacaan Alkitab Setahun :
Yoel 1-3; Ibrani 4:1-13


Tujuannya bukanlah untuk melihat seberapa dekat Anda dari dalam godaan, tetapi seberapa jauh Anda bisa bertahan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top