Gosip Menghancurkan Integritas

| Senin, Januari 13, 2020 |

Amsal 11:13 "Siapa mengumpat, membuka rahasia, tetapi siapa yang setia, menutupi perkara."

Hubungan Anda merupakan salah satu cara utama untuk Anda bisa menunjukkan integritas. Integritas dalam hubungan dengan orang lain berarti Anda tidak membicarakan orang lain di belakang mereka. Singkat kata, jangan bergosip: "Siapa mengumpat, membuka rahasia, tetapi siapa yang setia, menutupi perkara" (Amsal 11:13).

Apakah itu gosip? Gosip adalah membicarakan satu situasi dengan seseorang yang bukan bagian dari masalah atau yang memberi solusi. Seringkali, kita senang bergunjing karena itu membuat kita merasa sedikit lebih penting dibanding orang tersebut. Kita menggosipkan rasa sakit mereka dan masalah mereka untuk membuat kita merasa seolah secara moral lebih unggul dari mereka. Itulah bahaya dan mengerikannya gosip.

Alkitab mengatakan jika Anda membuka rahasia orang lain, maka Anda tidak bisa dipercaya. Hari ini kita melihat gosip merajalela di media sosial, bahkan di antara orang Kristen sekali pun. Kita membutuhkan pria dan wanita yang berintegritas yang tahu bagaimana menjaga kepercayaan diri mereka dan yang tidak menyebarkan semua yang mereka dengar melalui Facebook, Twitter, Instagram, dan semua saluran komunikasi lain yang kita gunakan di zaman ini.

Gosip, baik itu di media sosial atau dari mulut ke mulut, akan meruntuhkan gereja. Itulah sebabnya di Gereja Saddleback kami membuat aturan bahwa apapun yang dibicarakan di kelompok kecil hanya boleh menjadi konsumsi sesama anggota kelompok tersebut. Setiap orang butuh satu tempat yang aman bersama beberapa teman, di mana mereka bisa nyaman menjadi diri mereka sendiri dan tidak perlu khawatir bahwa apa yang mereka katakan akan dipublikasikan.

Tuhan berkata, "Siapa menyembunyikan kebencian, dusta bibirnya; siapa mengumpat adalah orang bebal" (Amsal 10:18).

Tidak ada yang mau menjadi orang bodoh. Menyebarkan gosip tidak hanya menyakiti orang yang Anda bicarakan. Itu juga menyakiti Anda, karena itu melemahkan dan menghancurkan hubungan Anda dengan orang tersebut.

Renungkan hal ini:
- Mengapa gosip sangat merusak persahabatan?
- Bagaimana gosip telah merusak hubungan Anda?
- Apa saja proteksi yang dapat Anda bangun dalam hidup Anda untuk membantu Anda menghindari gosip?


Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 31-32; Matius 9:18-38


Tunjukkan integritas Anda ketika Anda dipercaya oleh orang lain untuk menjaga rahasia mereka dengan tidak membicarakannya di belakang orang tersebut.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top