Hidup Yang Berintegritas Mendatangkan Berkat Tuhan

| Sabtu, Januari 11, 2020 |

Matius 5:8 "Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah."

Yesus berkata dalam Khotbah-Nya di Bukit bahwa Anda diberkati jika hati Anda suci (Matius 5: 8). Apa artinya menjadi orang yang "suci hatinya"? Di zaman ini kita menggunakan kata "integritas" untuk menggambarkannya. Tuhan memberkati Anda ketika Anda menjalani hidup dengan integritas.

Memiliki integritas bukan berarti Anda tidak berdosa atau bahwa Anda tidak pernah melakukan kesalahan. Apabila itu standarnya, maka tak ada satu pun dari kita yang bisa dianggap suci. Roma 3:23 mengatakan, "Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah."

Alkitab mengatakan bahwa Nuh, Abraham, Musa, Daud, dan Paulus memiliki integritas. Namun tak satupun dari mereka yang sempurna. Allah menyebut Daud sebagai orang yang berkenan di hati-Nya, namun Daud melakukan perzinahan dan merencanakan pembunuhan suami wanita tersebut— dan ia akhirnya menghadapi konsekuensi atas dosanya.

Kita belajar dari para pahlawan Alkitab bahwa Anda tidak perlu jadi sempurna untuk menjadi seseorang yang berintegritas. Anda hanya perlu hati yang sepenuhnya berkomitmen kepada Tuhan.

Tuhan lebih tertarik melihat hati Anda yang berkomitmen kepada-Nya daripada melihat dosa Anda yang telah Anda buat kepada-Nya. Dia melihat mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan, terlepas dari semua dosa Anda. Dalam 1 Samuel 16: 7b, "Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati."

Tidak, Anda tidak akan pernah jadi orang yang sempurna dalam kehidupan ini. Anda tidak akan pernah menjadi tidak berdosa, namun Anda bisa mengurangi berbuat dosa. Ambil komitmen untuk hidup dengan integritas dan pelihara hati yang suci setia kepada Tuhan.

Akankah Anda mengambil komitmen itu hari ini?

Renungkan hal ini:
- Mengapa banyak orang cenderung menghargai penampilan dan kepribadian dibanding karakter ketika mereka melihat orang lain?
- Seandainya seseorang dapat melihat ke dalam hati Anda, menurut Anda apa yang mereka lihat? Bagaimana hati Anda selaras dengan apa yang Tuhan kehendaki?
- Dalam hal apa Anda kesulitan mempertahankan kesucian hati? Minta Tuhan untuk membantu Anda memahami mengapa ada hal tertentu yang sulit buat Anda, dan kemudian mintalah Dia untuk membantu Anda untuk berubah.



Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 27-28; Matius 8:18-34


Kita semua berdosa, tapi arti integritas adalah bagaimana kita mau mengakui dosa kita, menyesal , bertobat dan memperbaiki kesalahan kita.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top