Pilihan Kita Mendefinisikan Kita

| Jumat, Januari 10, 2020 |

Ulangan 30: 15-16 "Ingatlah, aku menghadapkan kepadamu pada hari ini kehidupan dan keberuntungan, kematian dan kecelakaan, karena pada hari ini aku memerintahkan kepadamu untuk mengasihi TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya dan berpegang pada perintah, ketetapan dan peraturan-Nya, supaya engkau hidup dan bertambah banyak dan diberkati oleh TUHAN, Allahmu, di negeri ke mana engkau masuk untuk mendudukinya."

Kemarin kita berbicara tentang bagaimana Allah mengizinkan Anda menentukan pilihan Anda sendiri. Hari ini mari kita melihat bagaimana ketika Anda membuat pilihan, maka pilihan itu memimpin Anda.

Apa maksudnya? Sangat mudah beranggapan bahwa hidup Anda ditentukan oleh keadaan yang terjadi pada Anda. Tetapi pada kenyataannya, hidup Anda ditentukan oleh pilihan -pilihan yang Anda buat sendiri.

Tak dapat dipungkiri bahwa hal-hal buruk terjadi setiap saat. Kita hidup di dunia yang kacau. Anda tidak selalu mengambil keputusan yang tepat. Orang lain tidak selalu memilih yang benar. Kita semua pernah terluka.

Namun apa yang terjadi pada Anda tidak sepenting dengan cara Anda meresponnya. Beberapa orang tumbuh lewat keadaan yang sulit. Sementara yang lain terluka karenanya. Bagi sebagian orang, pengalaman buruk adalah batu sandungan, tapi bagi yang lain, itu adalah batu loncatan.

Jika Anda menguji dua orang dan menempatkan mereka dalam rasa sakit yang sama, salah satunya kemungkinan berhasil, sementara yang lainnya gagal. Mengapa? Karena pilihan yang mereka buat menentukan langkah mereka selanjutnya.

Anda tidak dapat mengendalikan banyak keadaan dalam hidup Anda, tetapi Anda dapat mengontrol bagaimana Anda memutuskan untuk meresponnya. Anda dapat memilih apakah keadaan itu membuat Anda kepahitan, atau malah lebih baik.

Pikirkan masa depan Anda. Anda ingin berada di mana 10 tahun mendatang? Dalam 20 tahun mendatang?

Saya tidak kenal Anda, tapi saya bisa beri tahu Anda di mana Anda berada di masa depan. Anda hanya cukup beritahu saya apa saja yang Anda pilih sekarang. Pilihan-pilihan yang Anda buat hari ini menentukan di mana Anda akan berada di kemudian hari.

Kitab Ulangan memberi tahu bagaimana Allah memberi umat-Nya pilihan: "Karena pada hari ini aku memerintahkan kepadamu untuk mengasihi TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya dan berpegang pada perintah, ketetapan dan peraturan-Nya, supaya engkau hidup dan bertambah banyak dan diberkati oleh TUHAN, Allahmu, di negeri ke mana engkau masuk untuk mendudukinya" (Ulangan 30:16). Bangsa Israel menentukan pilihan mereka, dan pilihan mereka itulah yang memimpin mereka.

Hal yang sama juga berlaku untuk Anda. Tuhan menempatkan banyak pilihan di hadapan Anda setiap harinya. Dan pilihan yang Anda ambil akan menentukan siapa Anda di kemudian hari.

Renungkan hal ini:
- Pikirkan tentang satu ujian yang sedang Anda alami saat ini. Bagaimana Anda memilih untuk menanggapinya?
- Apakah saat ini Anda membiarkan hidup Anda ditentukan oleh hal-hal buruk yang sudah terjadi pada Anda? Jika demikian, bagaimana Anda dapat mengambil keputusan untuk mengubahnya?
- Pilihan-pilihan apa yang menurut Anda diberikan oleh Tuhan berikan kepada Anda saat ini?


Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 25-26; Matius 8:1-17


Orang bijak selalu bertanya: Apa yang harus saya lakukan hari ini untuk bisa sampai ke tempat yang harus saya tuju esok?
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top