Tiga Cara Tuhan Menguji Anda Melalui Keuangan Anda

| Selasa, Januari 28, 2020 |

Amsal 11:28 "Siapa mempercayakan diri kepada kekayaannya akan jatuh; tetapi orang benar akan tumbuh seperti daun muda."

Tuhan menggunakan uang untuk menguji Anda. Dia tidak begitu saja memberikan berkat-Nya kepada setiap orang. Dia menguji Anda terlebih dahulu untuk melihat apakah Anda bertanggung jawab atau tidak. Sebelum Tuhan memberikan Anda kekuatan spiritual, Dia memberkati Anda harta benda. Jika Anda tidak bisa mengelola uang Anda dengan baik, lalu mengapa Dia harus memberikan Anda hal-hal yang amat berharga?

Alat favorit Tuhan untuk menguji Anda ialah melalui keuangan Anda, dan Dia menguji tiga hal spesifik ini.

Uang menunjukkan apa yang paling Anda sukai. Anda akan meluangkan mayoritas waktu dan uang Anda untuk apa pun yang paling Anda sukai -- kalender kegiatan dan rekening koran Anda buktinya. Yesus berkata, "Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada" (Matius 6: 19-21). Di mana pun Anda ingin hati Anda berada, taruhlah uang Anda di sana, dan Anda akan tertarik menekuninya.

Uang menunjukkan apa yang paling Anda percayai. Itu menunjukkan apa yang Anda yakini. Apakah Anda mempercayakan rasa aman Anda pada uang atau pada Tuhan? Apakah Anda mempercayakan kebahagiaan Anda pada uang atau pada Tuhan? Amsal 11:28 mengatakan, "Siapa mempercayakan diri kepada kekayaannya akan jatuh; tetapi orang benar akan tumbuh seperti daun muda."

Uang menunjukkan jika Tuhan dapat mempercayai Anda. Keuangan yang tidak dikelola merupakan suatu gejala dari kehidupan yang tidak dikelola. Tuhan sedang memperhatikan seberapa baik Anda mengelola hal-hal yang sifatnya material sebelum Dia memberikan Anda berkat rohani. Alkitab berkata, "Jadi, jikalau kamu tidak setia dalam hal Mamon yang tidak jujur, siapakah yang akan mempercayakan kepadamu harta yang sesungguhnya? Dan jikalau kamu tidak setia dalam harta orang lain, siapakah yang akan menyerahkan hartamu sendiri kepadamu?" (Lukas 16: 11-12).

Ada hubungan langsung antara kedewasaan dengan uang. Ada hubungan langsung antara kekuatan spiritual dengan bagaimana Anda mengelola harta benda. Ada hubungan langsung antara berkat Tuhan dalam hidup Anda dengan apa yang Anda lakukan dengan uang Anda. Jangan sampai melewatkan keterkaitan itu.

Renungkan hal ini:
- Apa yang ditunjukkan oleh rekening bank Anda mengenai yang paling Anda cintai?
- Pernahkah Anda meminta lebih banyak berkat kepada Tuhan dalam hidup Anda? Bagaimana keuangan Anda memengaruhi seberapa banyak yang Allah mau percayakan kepada Anda?
- Apa "harta sejati" yang disebutkan dalam Lukas 16 yang dipercayakan Allah kepada para pelayanan-Nya yang bertanggung jawab?


Bacaan Alkitab Setahun :
Keluaran 19-20; Matius 18:21-35


Bagaimana Anda mengelola uang menentukan seberapa besar Tuhan dapat memberkati hidup Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top