Anda Tidak Perlu Hidup Dengan Rasa Bersalah Lagi

| Sabtu, Maret 07, 2020 |

Yohanes 8:32 "Dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."

Dalam Yohanes 14: 6, Yesus mengatakan bahwa Ia adalah jalan, kebenaran, dan hidup. Pada beberapa bab sebelumnya, dalam Yohanes 8:32, Ia berkata, "Dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu." Dalam beberapa hari ke depan kita akan melihat segala hal yang dijanjikan Yesus untuk memerdekakan kita, dimulai dengan beban rasa bersalah.

Anda tahu seperti apa perasaan bersalah itu. Rasa bersalah merampas kebahagiaan Anda. Itu menyebabkan depresi. Itu dapat membuat Anda sakit fisik. Ketika Daud, raja Israel yang hebat, berbuat dosa, ia merasakan beratnya beban rasa bersalah. Dia berkata kepada Tuhan, "Bangkitkanlah kembali padaku kegirangan karena selamat yang dari pada-Mu, dan lengkapilah aku dengan roh yang rela!" (Mazmur 51:12).

Tuhan punya jawaban buat rasa bersalah: pengakuan dosa. Alkitab berkata dalam 1 Yohanes 1: 9, "Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan."

Anda mungkin telah menghabiskan waktu bertahun-tahun berusaha menyelesaikan masalah yang sesungguhnya punya solusi yang sangat sederhana: Anda hanya memerlukan hati nurani yang bersih. Yesus menawarkan itu kepada Anda. Ia menawarkan pengampunan instan!

Tuhan memberi tahu kita, "Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka" (Yeremia 31:34).

Setan ingin membuat Anda terbebani oleh beban rasa bersalah. Dia ingin membuat Anda terbelenggu supaya Anda tidak dapat hidup di dalam kemerdekaan Tuhan. Namun bukan seperti itu Allah bekerja.

Tuhan menanggung dosa Anda dan melemparkannya ke bagian terdalam samudera -- dan kemudian Ia memasang tanda "jangan memancing." Tuhan tidak akan mengungkit dosa Anda lagi, dan Ia juga tak ingin Anda melakukan dosa yang sama lagi. Dia ingin Anda merdeka.

Apakah Anda merasakan beban rasa bersalah hari ini? Ingatlah bahwa Yesus datang untuk memerdekakan Anda. Ketika Anda mengakui dosa-dosa Anda, Dia akan mengampuni Anda dan membebaskan Anda dari dosa Anda. Dan kemudian Anda dapat hidup di dalam kemerdekaan sejati dengan mengetahui bahwa masa lalu Anda telah diampuni dan Anda tidak lagi terbelenggu olehnya.

Renungkan hal ini:
- Bagaimana rasa bersalah memengaruhi kehidupan kita -- secara fisik, relasional, dan spiritual?
- Dosa-dosa apa yang membebani Anda hari ini? Sekarang, luangkan waktu untuk mengakui dosa itu kepada Allah, dan kemudian percayalah bahwa Anda telah diampuni.
- Apa yang kita sulit percaya tentang siapa Allah ketika kita terus melakukan dosa kita yang telah diampuni sebelumnya?


Bacaan Alkitab Setahun :
Ulangan 3-4; Markus 10:32-52


Seperti ini Tuhan bekerja: Anda meminta pengampunan, dan Tuhan mengampuni Anda. Kemudian Dia melangkah lebih jauh dan melupakan dosa Anda sepenuhnya.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top