Apa yang Mengendalikan Anda?

| Selasa, Maret 31, 2020 |

Roma 6: 12-13 "Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya. Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran."

Setiap hari Anda dikendalikan oleh sesuatu.

Anda mungkin dikendalikan oleh ego Anda sendiri atau oleh harapan orang lain. Anda mungkin dikendalikan oleh rasa takut, rasa bersalah, dendam, atau kepahitan. Anda mungkin dikendalikan oleh suatu zat adiktif atau kebiasaan. Intinya Anda dikendalikan oleh sesuatu setiap hari.

Kebebasan datang ketika Anda memilih apa yang akan mengendalikan Anda. Ketika Anda memilih Yesus Kristus untuk mengendalikan hidup Anda, ketika Anda dikuasai oleh Tuhan, maka Anda dapat menguasai yang lainnya. Jika Tuhan bukan yang nomor satu dalam hidup Anda, ada yang lain, maka hal itu akan mengendalikan Anda dalam artian yang negatif. Ketika Kristus mengendalikan hidup Anda, maka Ia selalu menggerakkan Anda ke arah yang benar.

Roma 6: 12-13 mengatakan, "Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya. Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran."

Memberi kendali kepada Kristus merupakan sebuah pilihan. Berikut ini beberapa langkah untuk membantu Anda melakukannya:
- Akui bahwa Anda berusaha menjadi Tuhan.
- Akui bahwa Anda tidak dapat mengubah diri Anda sendiri.
- Dengan rendah hati minta Tuhan membantu Anda untuk berubah.
- Jujurlah dengan orang lain tentang hal-hal yang perlu diubah dalam hidup Anda.
- Berikan Yesus Kristus kendali penuh atas hidup Anda.

Apakah Anda benar-benar ingin berubah? Apakah Anda bersedia melakukan hal-hal itu? Anda mungkin berkata, "Saya sangat lelah terus mencoba dan gagal." Berhentilah mencoba. Sebaliknya, mulailah percaya. Tuhan memberi Anda pilihan untuk bergantung pada-Nya atau bergantung pada diri Anda sendiri. Dan hasilnya adalah kebebasan, atau frustrasi.

Renungkan hal ini:
- Karakter atau keadaan apa yang membuat Anda tidak bisa mengendalikan hidup Anda buat Allah?
- Dalam hal apa Anda mencoba bermain sebagai Tuhan?
- Menurut Anda apa artinya berserah diri sepenuhnya kepada Allah?


Bacaan Alkitab Setahun :
Hakim-hakim 11-12; Lukas 6:1-26


Mengapa Anda tidak mau menyerahkan semuanya kepada Kristus?
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top