Untuk Membangun Keyakinan yang Kuat, Kenalilah Alkitab

| Selasa, April 28, 2020 |


Ulangan 5:29 "Kiranya hati mereka selalu begitu, yakni takut akan Daku dan berpegang pada segala perintah-Ku, supaya baik keadaan mereka dan anak-anak mereka untuk selama-lamanya!"

Keyakinan adalah kepercayaan yang membentuk perilaku Anda. Itu adalah sesuatu yang Anda percayai dengan sangat kuat, sehingga itu menentukan cara Anda bertindak. Pendapat adalah sesuatu yang akan Anda diskusikan atau bahkan debatkan, sementara keyakinan adalah sesuatu yang sangat ingin Anda perjuangkan.

Orang-orang yang telah membuat perubahan terbesar di dunia ini — yang baik atau buruk — bukanlah yang terpandai atau terkaya. Mereka adalah orang-orang yang punya keyakinan paling dalam.

Masyarakat kita mengatakan setiap nilai tersedia buat siapa saja. Mereka mengatakan Anda dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan tanpa harus merasa dihakimi.

Tetapi yang benar adalah jika Anda tidak berdiri teguh untuk satu hal, maka Anda akan jatuh cinta pada hal apa pun. Hari ini kita membutuhkan orang-orang yang punya keyakinan yang tahu apa yang mereka percaya.

Tetapi mungkinkah mengetahui apa yang benar dan yang salah di zaman relativisme ini? Apakah mungkin mengetahui yang baik dari yang jahat?

Tentu saja. Beberapa hal memang benar. Tapi beberapa hal benar-benar salah.

Bagaimana Anda tahu jika sesuatu benar atau salah? Gunakanlah Alkitab, buku pedoman Allah atas kehidupan.

Ibrani 5:14 mengatakan, "Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat."

Orang-orang yang mengetahui kebenaran adalah mereka yang menikmati makanan padat dari Firman Tuhan. Alkitab membantu mereka mengetahui yang benar dari yang salah.

Ketika agen keuangan Amerika mempelajari cara membedakan uang asli dengan uang palsu, mereka tidak meneliti yang palsu. Mereka menghabiskan waktu mereka untuk meneliti yang asli. Maka ketika uang palsu datang, para agen bisa mengenali bahwa uang tersebut bukanlah yang asli.

Ini sama seperti mempelajari kebenaran Firman Tuhan. Anda tidak perlu tahu semua yang salah. Anda hanya harus tahu kebenaran Alkitab. Maka Ketika yang salah datang, Anda dapat mengenalinya.

Ketika Anda tahu tentang kebenaran Firman, Anda akan mengembangkan keyakinan. Anda akan berbagi tentang nilai-nilai Tuhan kepada orang lain.

Alkitab berkata, "Kiranya hati mereka selalu begitu, yakni takut akan Daku dan berpegang pada segala perintah-Ku, supaya baik keadaan mereka dan anak-anak mereka untuk selama-lamanya!" (Ulangan 5:29).

Renungkan hal ini:
- Bagaimana Anda menjelaskan perbedaan antara pendapat dengan keyakinan? Apa pendapat Anda? Apa keyakinan Anda?
- Bagaimana Alkitab membantu Anda untuk mengembangkan satu keyakinan yang spesifik yang Anda pegang?
- Orang-orang yang mengubah dunia ialah mereka yang memiliki keyakinan. Habiskan waktu Anda di dalam doa, mintalah Tuhan untuk membantu Anda menjadi orang yang memiliki keyakinan, yang menghargai nilai-nilai yang yang Ia hargai.



Bacaan Alkitab Setahun :
1 Raja-raja 3-5; Lukas 20:1-26


Anda dapat mengetahui hati Allah dengan menumbuhkan keyakinan. Dan cara mengembangkannya yaitu dengan mengenali Firman Tuhan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top