Gunakan "Tes Peningkatan" untuk Mengisi Kehidupan Anda dengan Hal-Hal yang Terbaik

| Jumat, Mei 01, 2020 |

1 Korintus 10:23 "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun."

Anda membuat begitu banyak keputusan setiap hari. Kebanyakan diantaranya adalah keputusan yang tak memerlukan pertimbangan —seperti memilih untuk menyikat gigi di pagi hari, atau mengisi tangki bensin Anda yang hampir kosong. Sementara yang lainnya adalah keputusan yang benar atau salah, di mana Anda perlu mengandalkan hikmat dari Alkitab dan hati nurani Anda.

Namun, kadang, Anda harus memilih antara pilihan yang baik dengan yang paling baik. Dalam situasi seperti itu, gunakan "Tes Peningkatan".

Tes Peningkatan menanyakan ini: Apakah ini akan membuat saya menjadi orang yang lebih baik?

Alkitab berbicara tentang hal ini: "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun" (1 Korintus 10:23).

Perhatikan dalam ayat-ayat tersebut ada kebebasan yang Anda miliki. Namun sebagai seorang Kristen, walaupun Anda diperbolehkan untuk melakukan sesuatu, itu mungkin tidak membawa manfaat buat Anda; tidak semuanya membangun Anda.

Beberapa hal belum tentu salah— hanya saja itu tidak perlu. Itu bukan hal yang terbaik.

Sebagian besar pilihan yang Anda buat dalam hidup bukanlah soal yang baik atau jahat. Anda tidak bangun di pagi hari dan bertanya, "Haruskah saya membaca Alkitab, atau haruskah saya berbuat jahat?"

Anda harus punya standar yang lebih tinggi ketimbang benar atau salah. Anda perlu menggunakan Tes Peningkatan dan bertanya pada diri sendiri apa yang akan membuat Anda menjadi orang yang lebih baik.

Apakah Anda tahu lebih banyak tentang tokoh-tokoh di televisi ketimbang tokoh-tokoh dalam Alkitab — atau bahkan anggota keluarga Anda sendiri? Mungkin Anda biasa menghabiskan waktu berjam-jam untuk membaca buku atau majalah yang mana memenuhi pikiran Anda dengan hal-hal yang tidak penting. Atau Anda mengisi akhir pekan Anda dengan duduk-duduk di sofa menonton pertandingan olahraga. Di zaman ini, banyak orang membuang waktu berjam-jam menatap ponsel mereka.

Apakah hal-hal itu selamanya buruk? Tidak. Apakah itu seringkali membuang-buang waktu? Benar! Apakah itu akan membuat Anda menjadi orang yang lebih baik? Tentu saja tidak! Begitulah realitanya, orang-orang menghabiskan hidup mereka untuk tujuan kelas dua.

Oleh sebab itu, ketika Anda membuat pilihan setiap harinya, janganlah bertanya: Apakah ada yang salah dengan ini?

Sebaliknya, tanyalah: Apakah ini akan membuat saya menjadi orang yang lebih baik?

Renungkan hal ini:
- Pikirkan satu waktu ketika Anda harus memilih antara yang "baik" dengan yang "terbaik." Keputusan apa yang Anda buat? Apa hasilnya?
- Buatlah daftar hal-hal utama yang Anda kerjakan setiap hari. Kemudian pelajari Firman Tuhan dan pikirkan di dalam doa apakah hal-hal itu adalah yang terbaik. Berdoalah, "Ya Tuhan, Engkau tahu apa yang terbaik untukku. Aku akan melakukan apa yang Engkau katakan sebab aku ingin menjadi orang yang lebih baik."



Bacaan Alkitab Setahun :
1 Raja-raja 10-11; Lukas 21:20-38


Jangan terbawa arus dengan mengisi hidup Anda dengan hal-hal yang bukan yang terbaik. Sebaliknya, bawa hal-hal yang buat Anda paling penting dalam hidup Anda dan cocokkan itu dengan Firman Tuhan, lihatlah apakah itu sudah yang terbaik.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top