Apakah Ada Sesuatu Selain Kristus yang Mengontrol Hidup Anda?

| Sabtu, Mei 02, 2020 |


1 Korintus 6:12 "Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun."

Alkitab diisi dengan hikmat pengambilan keputusan.

Ketika Anda memutuskan apakah akan mengizinkan sesuatu masuk ke dalam hidup Anda, ini disebut Tes Kemandirian.

Tanyalah pada diri Anda sendiri: Apakah ini akan mengendalikan dan mendominasi hidup saya? Apakah ini akan membuat saya kecanduan? Apakah saya akan menjadi ketergantungan?

Bagaimana pun menyenangkannya sesuatu, itu akan jadi buruk bila itu sudah menjadi sebuah candu.

Mengapa hal ini sangat penting? Karena apapun yang mendominasi hidup Anda pada akhirnya akan menjadi tuhan Anda. Sepuluh Perintah Allah yang pertama — mengatakan "Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku" (Keluaran 20: 3).

Tuhan tahu betapa mudahnya Anda dapat menyembah hal-hal lain. Dia tahu Anda bisa ketergantungan dengan berhala Anda.

Apa itu berhala? Anda mungkin menganggapnya hanya ada di zaman dulu— mungkin Anda membayangkan patung batu kecil yang diletakkan di atas meja dan disembah. Tetapi, orang-orang masih memiliki berhala hari ini. Mungkin Anda memuja produsen mobil Anda, merk pakaian Anda, atau sudut favorit di kantor Anda.

Belum lagi semua hal yang membuat Anda ketagihan: Pekerjaan. Seks. Uang. Internet. Daftar ini tidak akan ada habisnya.

Bagaimana Anda tahu jika Anda ketagihan? Bagaimana Anda tahu jika sesuatu mulai mendominasi hidup Anda? Ketika Anda tidak bisa lepas bergantung dengan itu semua. Tanyakanlah pada diri Anda sendiri: Apa yang paling saya pikirkan? Ketika saya sendirian, apa yang saya pikirkan?

Bagi sebagian besar kita, sulit untuk jujur soal hal-hal yang mendominasi hidup kita. Jika Anda berpikir, "Saya tidak kecanduan hal ini. Itu tidak mungkin." Coba tebak, itu mungkin saja. Mungkin hal itulah yang sedang Anda pergumulkan.

Dalam terjemahan lain dari 1 Korintus 6:12, Paulus berkata, "Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun."

Paulus memutuskan untuk tidak membiarkan apa pun — selain Kristus — untuk mengendalikan hidupnya. Yesuslah satu-satunya yang layak mendapatkan tempat itu dalam hidup Anda juga. Apa pun yang Anda tempatkan di tempat yang tertinggi, pada akhirnya itu akan mendominasi dan menghancurkan hidup Anda. Tetapi ketika Kristus memegang kendali, Dia mendorong, memampukan, dan menggerakkan Anda.

Di lain waktu, ketika Anda mengambil keputusan, tanya pada diri Anda apakah Anda sudah menempatkan sesuatu dalam hidup Anda dengan tepat. Gunakan Tes Kemandirian. Kristus adalah satu-satunya yang layak untuk diandalkan.

Renungkan hal ini:
- Apa bedanya membolehkan Kristus mengendalikan hidup Anda dengan membolehkan hal lain mengendalikannya?
- Kapan Anda pernah bergantung pada sesuatu atau seseorang selain Kristus? Bagaimana hasilnya?
- Untuk apa saja Anda memfokuskan waktu, energi, dan pemikiran Anda akhir-akhir ini? Gunakan Tes Kemandirian untuk membantu Anda merenungkan apakah Anda telah mengizinkan hal-hal tersebut menjadi berhala buat Anda.



Bacaan Alkitab Setahun :
1 Raja-raja 12-13; Lukas 22:1-20


Apakah Yesus menjadi prioritas tertinggi dalam hidup Anda? Lebih dari suami, istri, anak, saudara, orang tua, uang, jabatan, pekerjaan, hobi, harta dan apa pun serta siapa pun dalam hidup Anda?
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top