Bahkan Makanan Dapat Membangun Jembatan Kasih

| Sabtu, Juni 20, 2020 |

1 Yohanes 3:17, "Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya?"

Tuhan telah memberikan Anda bakat, karunia, kemampuan, dan keterampilan unik. Tetapi hal-hal tersebut tidak dianugerahkan kepada Anda demi keuntungan Anda. Karunia ini diberikan kepada Anda untuk kepentingan orang lain. Dan, meskipun akhir-akhir ini Anda harus tinggal lebih lama di rumah, tapi tak ada waktu yang lebih baik untuk menggunakan karunia tersebut untuk saling mengasihi sesama, selain saat ini.

Memenuhi kebutuhan orang lain dan melayani adalah tindakan kasih. Alkitab berkata dalam 1 Yohanes 3:17, "Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya?"

Saya sudan mendengar banyak cara inovatif yang digunakan orang lain untuk melayani lingkungan mereka semenjak pandemi ini dimulai. Ketika berbelanja bulanan, Anda dapat menyapa tetangga Anda, terutama yang lebih tua, untuk memeriksa apakah mereka butuh sesuatu. Tawarkan bantuan untuk memotong rumput mereka atau mencuci mobil mereka. Mungkin ada dari mereka yang ingin bertanya tentang sekolah anak-anak mereka, pajak mereka, atau tentang masalah mobil mereka, yang mungkin saja bisa Anda jawab dengan jawaban yang unik.

Makanan selalu membuka komunikasi! Buatlah makanan untuk seseorang atau berikan donat untuk satu keluarga. Antarkan koran ke depan pintu mereka. Tawarkan bantuan mencabut rumput liar mereka atau bantu mereka merapihkan taman mereka. Bagikan nomor Anda supaya orang dapat mengirimkan Anda SMS saat mereka berada dalam kesulitan. Saya bahkan mendengar satu keluarga yang memposting kode QR di kotak surat para tetangga mereka agar mereka dapat membentuk grup support selama masa pandemi ini. Anda juga bisa mengundang orang lain untuk menyaksikan kebaktian gereja Anda secara online, dan setelah itu mendiskusikannya dengan mereka.

Dan yang paling penting, ada satu cara untuk melayani tetangga Anda yang bisa membantu memenuhi kebutuhan terbesar mereka: Wartakan kepada mereka betapa Allah sangat mengasihi mereka dan bagaimana Yesus Kristus telah mati untuk menyelamatkan mereka.

Anda perlu belajar cara menjelaskan kepada tetangga Anda bagaimana mereka dapat berteman dengan Yesus. Itu tidak begitu sulit. Wartakan kepada mereka bahwa masa lalu mereka dapat diampuni, bahwa mereka dapat memiliki tujuan hidup, dan bahwa mereka dapat memiliki rumah di surga. Bangunlah jembatan kasih antara hati Anda dengan hati mereka dengan barbekyu atau dengan obrolan santai di depan rumah, dan biarkan Yesus bekerja.

Manfaatkan setiap peluang untuk melayani orang-orang di sekitar Anda dengan kasih sehingga mereka dapat belajar tentang kasih terhebat yang pernah mereka tahu.

Renungkan hal ini:
- Jika Anda telah mengenal tetangga Anda dengan baik, sudahkah Anda memberitahu mereka betapa Allah sangat mengasihi mereka, dan apa yang telah Yesus lakukan buat mereka? Jika belum, apa yang tengah menghambat Anda untuk membuka percakapan itu?
- Apa satu cara spesifik yang dapat Anda lakukan untuk menjangkau tetangga Anda minggu ini untuk dapat melayani mereka dan berbagi tentang kasih Kristus kepada mereka? Siapa yang dapat terus memantau Anda untuk melakukan tindakan kasih ini?
- Bagaimana keluarga gereja atau kelompok kecil Anda dapat bekerja sama untuk menjangkau tetangga Anda?
- Bagaimana Anda dapat bekerjasama dengan orang Kristen lain yang tinggal di sekitar lingkungan Anda?


Bacaan Alkitab Setahun :
Ester 1-2; Kisah Para Rasul 5:1-21


Cara paling penting untuk dapat mengasihi sesama ialah dengan memperkenalkan mereka kepada Yesus.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top